June 18, 2014

Usaha Warnet 2014 (Saya) Yang Disitu-situ Aja

Sampai lupa ngepost lagi, semakin bulan semakin berat, kawan. Sudah tak tertahankan lagi.

Penghasilan Warnet Mei 2014

Akhirnya bulan lalu, Mei 2014, segala keyakinan yang saya miliki runtuh. Betapa tidak setelah perhitungan akhir bulan, ternyata Warnet saya "meraup keuntungan" luar biasa: Rp. 89.282,-. Ya, hasil yang belum juga minus =)

Total penghasilan sewa komputer hanya Rp. 2.114.000,-. Ini adalah titik terendah penghasilan sewa komputer selama 3 tahun lebih saya menekuni usaha Warnet. Rasa percaya diri saya juga berada pada titik terendah, miris melihat penghasilan Warnet yang saya rasa dirawat dengan cukup baik.

Saatnya Balik Badan

Melihat pelanggan-pelanggan lama mondar-mandir di depan Warnet langsung menggambarkan: "..ooh.. mereka main di warnet sana.." "..ooh.. mereka baru selesai main di warnet sana..". Dan kali ini rasanya sudah tak tertahankan lagi. Setelah obok-obok arsip promo dan melihat penghasilan di masa-masa jaya dulu, akhirnya saya tetapkan sebuah tarif lama yang akan mulai saya berlakukan bulan depan.

Kenapa Bisa Demikian?

Sudah jelas karena tidak adanya kebersamaan tarif yang jelas antar warnet-warnet yang sudah sangat menjamur ini. Bisa jadi untuk kasus Warnet saya ini, pelanggan lebih memilih harga murah ketimbang ke Warnet yang jelas lebih berkualitas tapi harga lebih mahal Rp. 1000. Entah apa yang terjadi dengan Warnet-warnet lain ini, tapi saya sangat merasakan beratnya beban kebutuhan hidup sehingga sempat memutuskan menaikkan harga ke Rp. 4000/jam. Sering saya berpikir: "Apa mereka gak ngitung ya?" .

Kehabisan Modal

Dana pegangan pun semakin cekak. Canopy teras Warnet sudah rapuh dan bolong-bolong. Tagihan Warnet menunggu. Oh, mirisnya usaha Warnet saat ini semiris usaha Wartel dulu kala, mungkin. Bahkan saya sudah menjual 4 unit komputer bulan lalu untuk mengembangkan Hotspot yang untungnya sudah berjalan dan sudah mulai ada pembeli voucher.

Kenaikan Listrik Lagi

Tak lupa bulan depan tarif listrik akan mengalami kenaikan lagi seperti yang sudah muncul di berita-berita. Saatnya mencuri listrik? Bisa jadi..

Maaf, Ini Postingan Galau

Terima kasih teman-teman yang udah meyakinkan saya saat menaikkan tarif jadi Rp. 4000/jam. Ternyata saya harus balik badan, teman. Juga terima kasih teman-teman yang menertawakan saya karena mencoba melawan arus pasar. Ternyata saya akhirnya memang harus balik badan (mudah-mudahan ada teman-teman lain yang lebih berhasil). Tapi memang inilah inti dari blog Log Warnet ini. Agar saya dan teman-teman bisa saling bertukar pikiran. Mencari jawaban akan pertanyaan paling besar kita para pengusaha Warnet saat ini: Masih menguntungkankah bisnis warnet? Saya sedikit geli karena akhirnya saya harus kembali lagi ke tarif lama 2010 di Rp. 3000/jam. Bahkan tarif "jadul" warnet tak segitu murahnya (baca: awal kemunculan warnet itu ada di range Rp. 5000-6000 di kota saya. Mungkin sekitar tahun 1998 jamannya MIRC).

Sekian dulu laporan langsung dari TKP. Salam 20 jari untuk kita semua (bukan kampanye ya)

3 comments:

  1. Semangat gan.. http://likenetsurabaya.blogspot.com/2014/06/tarif-baru-per-16-juni-2014.html

    ReplyDelete
  2. Sedih juga gan melihat warnet agan karena saya juga pernah merasakan hal tersebut. Warnet yang biasanya full antrian panjang dan rebutan PC cuma tinggal kenangan, apalagi tuh yang bongkar2 arsip masa jaya wkwokw asli sama dah gan. Cuma saran saya gan jangan menyerah dulu warnet saya sepi saking sepinya seharinya cuma dapat 50rb perak !!! karena ya itu saingan warnet memang luar binasa kejinya apalgi net2 bru tersebut pke cheat permanen ( istilah cheat tanpa donlot ), tapi saya ga nyerah gan, saya rombak net yang awalnya bersekat jadi game center PC di upgrade ( walau cuma VGA nya doank hehehehe ) unit di tambah ( walau menguras tabungan sampe ngutang juga ) koneksi diperbagus, serta berusaha memakai layanan premium provider game (G warnet GOLD, netmarble net dll ) alhasil warnet saya sekarang rame lagi bahkan kadang antri. Oh ya cba juga dengan menyediakan Voucher game Online walau untung tak seberapa tpi bsa sebagai penarik pemain warnet. Klo bsa sekalian jualan Vocher listrik, Token dan pulsa buat sampingan. Intinya jangan menyerah gan sebelum mengeluarkan segala kemampuan, Usaha net masih menguntungkan tapi klo yang mau buka sebaiknya jangan deh ..... mimpimu bsa jdi ta seindah kenyataan wkwokwok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu quote terbaik tahun ini kayaknya gan: "Usaha net masih menguntungkan tapi kalo yang mau buka sebaiknya jangan deh...."
      Mwakwakwakwak..

      Warnet ane bisa dibilang cukup lengkap koq gan. Termasuk sampingan pulsa, voucher. Dulu juga terdaftar Gwarnet Premium, Netmarble, yang sekarang GArena. Tapi rasanya itu kebanting sama masalah harga. Sekarang Warnet ane gak terdaftar lagi Gwarnet, tapi sejak turun tarif ke 3000, tetep aja rame =|

      Dan gak bisa ane bantah kalo kondisi warnet ane (berikut perasaan ownernya) cukup memprihatinkan. Tapi tetap harus tersenyum =))

      Delete