January 20, 2014

Sudahkah Saatnya Menaikkan Tarif Warnet 2014?

Ini dia hal yang paling sensitif dalam berbisnis: HARGA. Siapkah anda dengan resiko ditinggal pelanggan karena harga yang anda tawarkan tidak kompetitif?

Masalah warnet adalah JAMUR. Ditambah awalan men- maka jadi MENjamur. Terlalu menjamurnya warnet-warnet yang selalu buka yang baru selalu menghajar tarif warnet per jamnya. Yang paling aneh penyedia layanan warnet biasanya semakin lama buka akan semakin murah tarif per-jamnya. Kalau di awal buka tarifnya Rp. 4000/jam maka satu-dua tahun kemudian harga yang ditawarkan akan semakin murah. Kenapa? Karena biasanya ada warnet saingan yang buka tidak jauh dari lokasi kita.

Warnet baru identik dengan komputer baru, ruangan baru, mouse baru, keyboard baru, semua serba baru dijamin akan menarik pelanggan. Ditambah lagi dengan promo-promo perdana yang kadang-kadang tak masuk akal: gratis main di hari pertama, atau Rp. 1000/jam, dan promo sinting lainnya. Saya sendiri mengalami ini sampe 2 kali karena memang ada 2 warnet baru yang buka setahun setelah saya.

Sekarang sudah masuk tahun 2014. Semua serba naik. Yang gak listrik, yang gak BBM, yang gak kebutuhan pokok, ongkos, sampe gas LPG. Walaupun koneksi dari ISP tidak naik, tapi kenaikan di sektor lain tentu sangat terasa jika pendapatan hanya tetap segitu-segitu saja. Lihat saja demo buruh dimana-mana beberapa bulan yang lalu.

Yang sedang saya siapkan adalah sebuah survey. Yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar warnet yang saya kelola. Apakah mereka puas? dan poin yang paling penting adalah: Apakah anda akan tetap bermain di warnet ini jika tarif dinaikkan menjadi Rp. 4000,-? Ya! Sejak dulu saya selalu berpikir (tentu setelah berhitung di atas kertas) bahwa tarif yang wajar untuk per-jamnya adalah Rp. 4.000,-. Mungkin lain kali saya akan sajikan hitung-hitungan yang saya gunakan. Ingat, dalam 2-3 tahun akan ada peremajaan perangkat komputer. Namanya barang elektronik semua punya usia pakai. Tidak ada yang bisa anda sayang-sayang sampe dibawa ke liang kubur =)

38 comments:

  1. setuju......harus naek boz.....
    perangkat komputer aja udah naek banget belakangan........
    dari satu tahun lalu di warnet saya sudah naik 4000 sejam
    terus paketan hanya untuk gamer aja..........
    emang kerasa sepi diawal2 cuma kan kita bisa siasati dari segi lainnya.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks dah komen mas bro..
      kalo boleh tau warnetnya daerah mana ya? kadang-kadang kita sulit naikin cuma gara-gara persaingan tak jelas kayak daerah saya
      saya juga udah siap lahir batin sama resiko "sepi" kayak mas bro bilang. mendingan di masa sepi itu kita persiapkan sektor lain =)
      semangat!

      Delete
  2. Kalo naik sampe 4000/jam agak pesimis saya bro, warnet ane baru sebulan buka eh udah kena gebuk warnet saingan ikutan buka, tarif ane 3000/jam 5000/2jam sedangkan tarif warnet saingan 4000/2jam 10000/5jam, ane juga bingung pertimbangan mereka apa bisa pasang tarif kyk gitu apa mentang2 ISP pake modem Sm*rtfren/Bolt yg pake quota2 itu makanya bisa jual murah ? padahal menurut ane etikanya bukan kyk gitu, kita warnet bukan cuma sewa koneksi tp sewa komputer juga, paham dah maksud ane yang juragan juragan warnet. Oiya, warnet ane khususin buat game online aja bro, yang mau youtube-an ane suruh ke warnet sebelah aja ..
    NB. kencing aja bayar 2000/kencing bro .. hadeeh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gakpapa pesimis mas bro, udah terbukti di warnet saya dengan tarif 4000/jam ini. Udah jalan bulan ke-3 dan hasilnya cukup tragis.
      Yang saya pikirkan hanya bagaimana saya bisa menafkahi hidup saya dan istri. Karena ternyata di tarif 3000/jam itu masih tidak cukup untuk kebutuhan hidup sekarang.

      Menurut ane sih biasanya yang ngelakuin hal gitu justru warnet-warnet baru, karena belum merasakan pahitnya peremajaan perangkat, kesambar petir, kehilangan, dll =)

      Untuk sementara saya masih bertahan di 4000/jam ini. Masih lihat perkembangan apakah mungkin pelanggan lama akan balik lagi setelah merasakan pelayanan yang berbeda..

      NB. jangan sampe nafas juga ditarif di masa depan ya mas bro =)

      Delete
    2. Tp bro kalo ane liat dari rekapitulasi bulanan masbro ane juga sedih ngeliatnya khususnya ditagihan koneksinya, percaya atau nggak warnet ane yg 10pc biaya tagihan bulanannya gak nyampe dari setengah tagihan masbro.

      Delete
    3. Hiks.. hiks.. saya jadi sedih juga mas bro *loh*..
      Mas bro pake ISP apa? berapa bulanannya?
      Warnet saya pakai Speedy 3Mbps dan memang segitu tarifnya mas bro.. Rp. 995.000,- + ppn 10%

      Delete
    4. salam kenal mas bro. nah terus jika dengan tarif Rp.4000/jam, maka kira2 paketan nya di kasih brapa ya mas bro?? mohon masukannya yg berpengalaman. warnet saya baru berjalan 6 bulan dengan tarif Rp.3000/jam paket2jam Rp.5000 paket3jam Rp.8000.

      Delete
    5. Halo mas bro Justitia,
      Kalo Warnet saya sekarang ini pasang paketnya persis sama Asosiasi Warnet Pekanbaru kayak post sebelumnya di http://logwarnet.blogspot.com/2014/05/tarif-resmi-asosiasi-warnet-pekanbaru.html

      Saya pikir masih masuk akal:
      1 Jam - Rp. 4000
      2 Jam - Rp. 7000
      3 Jam - Rp. 10.000
      5 Jam - Rp. 15.000

      Pastinya paling murah paket 5 jam: masih di Rp. 3000/jam kalo dibagikan. Untuk menarik pelanggan yang berslogan "warnet rumah kedua" =)

      Delete
    6. Saya pake speedy 5mbps hanya 335.000 per bulan tarifnya, Agan harus sering2 ke plasa telkom untuk liat promo speedy, biasanya promo speedy yang paling bagus dibulan juni dan desember, juni 2014 kemarin speedy 10mbps harga promo hanya bayar 350.000 sebulan, saya mau daftar tapi sudah lewat masa promonya. Jadi untuk warnet memang harus diakali seperti ini gan ikut lah tarif peedy yang promo jadi pengeluaran bulanan tidak terlalu besar.

      Delete
  3. ane kagak berani gan... naikin jadi 4000/jam .... cuman ane akalin aja, tetep 3000/jam, tapi kagak ada model paketan... main 1 jam atau 5 jam, bayarnya sama aja, 3000/jam... Alhamdulillah pelanggan tetap bertahan, malah banyak pelanggan baru yang datang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sebenarnya agan juga setidaknya merasakan sedikit kewalahan dengan naiknya harga-harga diluar Warnet kita ini kan?
      Gakpapa gak berani gan, memang musti hati-hati soal tarif. Sensitif sekali. Bulan ini pun saya terpaksa mengalah sedikit karena buruknya penghasilan di tarif Rp. 4000 yang udah jalan 3 bulan..

      Delete
    2. bener banget gan....harga kebutuhan di luar warnet luar biasa...memang masalah tarif sangat sangat sensitif, mengingat dari awal memang sasaran pasar ane kelas menengah kebawah...

      Delete
    3. Andai kita Gayus ya gan.. *lol*

      Delete
  4. nimbrung dikit mas bro. ane buka warnet di muara jambi,tarif billing 3000/jam,2jam 5000, 3jam 7000,4jam 9000,paket begadang/p malam dari jam 10 malem ampe jam 6pagi 10000.semua warnet disini rata rata sama harga billingnya. dengan keadaan ekonomi sekarang masih sesuaikah tarif ini ???ditengah persaingan usaha warnet disini, alangkah baiknya kalau kita bersatu menaikkan harga billing.semoga coretan ini dibaca pengusaha warnet di jambi, dan..... mulai berpikir....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pertanyaannya "Masih sesuaikah tarif ini?" jelas saya jawab "tidak" mas bro. Yang pasti saya udah memutuskan keluar dari range tarif < 3000.

      Mohon maap buat yang udah lebih lama, tapi setelah Warnet saya berjalan 3 tahun ini, saya lihat efeknya akan semakin buruk kalo masih bertahan di tarif lama.

      Semoga teman-teman bisa lebih berhati-hati masang tarif, karena modal Warnet juga gak bisa dibilang sedikit.

      Delete
  5. Salam kenal Gan, Kalau saya sih pasang tarif 4000 perjam, dan tambahan jam berikut 3000 dan khusus yg ambil paket saja, dan itu tidak mengurangi peminat yg main warnet di tempat saya, awalnya saya ragu untuk menaikkan tarif tsb, karena saingan baru lebih gila masang tarif 5000 per2 jam dan ditambah 10 kali main bonus 1 jam gratis, ternyata pelanggan Ane tetap tidak mau pindah ke net tersebut, karena Ane menyediakan apa yg di inginkan mereka inginkan yg tidak ada di net saingan baru tersebut, jika mau tau lebih lanjut add fb ane : willy yohanitas atau bb : 7CD30C11, indahnya berbagi,....... terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya skema ane persis gitu mas bro Willy. Waktu pake Cafesuite settingnya tarifnya memungkinkan bikin skema jam berikutnya beda dengan jam pertama.
      Di PikaBilling yang sekarang ane pake terpaksa flat. Cara mensiasatinya tinggal dibikin paket. Jadi login bebas flat 4000/jam.

      Delete
  6. memang sangat perlu sekali gan buat naikin tarif billing warnet tetapi ini sangat memerlukan kekompakan dari si pemilik warnet mengingat sangat menjamur nya usaha warnet di sekitar warnet saya karena di tempat saya semua pengusaha warnet masih kekeh tarif lama nya yaitu 3000/1jam 5000/2jam 7000/jam 10000/4jam menurut corat coret saya pemilik warnet hanya bisa gigit jari setelah pembayaran provider internet 550rb+Listrik+sewa tempat jadi saya merasa sangat prihatin sekali dengan usaha warnet masa kini yg semakin bertambah sepi pelanggan nya apalagi untuk berfikir menaikan tarif billing nya di tengah menjamur nya usaha warnet yg semakin sepi pelanggan nya... T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat memprihatinkan, mas bro Belly.. Ini saya di 4000/jam gak bisa berbuat banyak.

      Bulan Mei 2014 yang lalu pembukuan sudah menghasilkan angka yang sangat miris. Kalau tidak salah ingat cuma "meraup keuntungan" Rp. 60.000 selama sebulan.

      Yang paling miris dan cukup menyakitkan lagi yaitu saya terpaksa kembali lagi ke tarif lama karna sudah tidak ada lagi pelanggan yang mau bermain di Warnet saya =|

      Delete
  7. gini gan, skema saya sikat di 4000/jam non member, khusus member 2500/jam dengan syarat minimum isi member 10000 rupiah. seringkali yg member karena tidak cukup uangnya isi minimum member, mereka main sejam 4000 atau duajam 8000 wkwkwkwkwk keren kaaannn siasatnyeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwokwokwokwok..
      Baguslah kalo pelanggannya agan bisa "dijebak" dengan skema gitu. Kalo di ane udah keliatan kalo mayoritas pelanggan itu sangat anti dengan kepala 4. Antara licik vs. pelit vs. hemat =|

      Delete
  8. Udah ane update juga gan, thanx
    http://logwarnet.blogspot.com/2014/06/tarif-baru-listrik-mulai-1-juli-2014.html

    ReplyDelete
  9. simplenet depok 1

    personal
    menit pertama 2000/ 30menit
    selanjutnya 15menit/1000
    paket 3 jam = 10.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. scant 2000/a4
      print 1000/tulisan/hitam/warna/a4/legal
      ........2000/gambar/hitam/warna/a4/legal

      Delete
  10. ayo dong agan2 berani naikin harga sewa warnet perjamnya..
    udah 2014 masa masih mau main banting2an harga, yg ada jadi sama2 remuk gan

    invest upgrade kualitas warnetnya, baru harga ngikutin naik..
    warnet berkualitas tetep ada marketnya sendiri kok, para gamer yg membutuhkan kualitas bermain pasti pilih warnet yg bagus koneksi dan spec.
    warnet saya di sini harga paling mahal perjam dan paketan di antara 3 warnet lainnya..
    4000 / jam
    14.000 / 4jam
    20.000 / 7 jam

    yg mau main sejam dua jam gpp, tp kita incer yg loyal..yg mau beli paket jangka panjang..
    semoga menginspirasi kawan2 lainnya :)

    ReplyDelete
  11. harga sewa warnet perjam saya rasa di sesuaikan dengan fasilitas warnetnya. Di tempat saya masih tarif lama.
    3000/jam = nonmember
    2500/jam = member
    Ini saya berlakukan harga tersebut mengingat spec komputer saya masih yg under 2jt. mouse & keyboard standar.
    Plan saya seh naikin tarif ke
    3.500/jam = non member
    3.000/jam = member
    andaikan spec komputer udah diatas 3jt, mouse macro (untuk gamer)

    Warnet saya di JawaBarat. Oh ya saya pake paket speedy 3Mbps.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tanya komputernya masih pake VGA onboard gan?

      Delete
  12. Ikut nimbrung gan .
    Gmn promosikan warnet untuk malam hari karena saya buka 24jam gan.
    Secara saya baru pindah tempat. Pelanggan lama agak kejauhan jadi jarang datang gan.
    thank before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnet ane ga sampe 24 jam, gan. Mungkin teman-temin yang lain bisa kasih saran ke agan Crown Dian. Tapi biasanya sih model Warnet 24 jam dari mulut ke mulut aja bisa rame. Misalnya temennya ngerasa puas main disitu, diajakin dah temennya segerobak.

      Atau mungkin bisa ngiklan-ngiklan dulu di radio misalnya, gan. Thanx.

      Delete
  13. Ikut nimbrung gan
    Kasih solusi dong gan gmn cara promosi warnet untuk jam malam.
    karena saya baru pindah pelanggan lama kejauhan jadi jarang datang. Malam sepi banget kagak ada pengunjung nya.

    Thanks before

    ReplyDelete
  14. lha sekarang dijadikan berapa tarifnya tuk 2015? sbb TDL 1400 kwh keatas dah naik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weleh, mana dia komen ane tadi yak? Udah panjang-panjang nulis juga.
      Ane singkat aja lah ya, gan. Tarif terakhir ane Januari 2015: Rp. 3000/jam. 2 Jam di Rp. 6000. 3 Jam di Rp. 8000. 4 Jam di Rp. 10.000.

      Akhir Februari ini balik tarif lagi:
      - 1 Jam 3000
      - 2 Jam 5000
      - 3 Jam 7000
      - 4 Jam 9000

      Kalo agan belum liat post ane tadi, ane udah mutusin untuk ngejual aset Warnet gan. Mau alih usaha aja. Bagi ane usaha Warnet ane udah tidak masuk akal. Thanx komennya, gan.

      Delete
  15. Salam dari Bali bro...
    Sesama pengusaha warnet jangan bersaing harga lah bro...kualitas dan kenyamanan pengunjung yang utama.
    Dan jangan pesimis bro....di warnet saya tarif internet 5000/jam dan game online 4000/jam.
    Sistem paket hanya berlaku untuk game online dan itu pun hanya member yang boleh ambil paket.
    http://surfingnetbali.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bali mungkin masih rame ya, bro?
      Daerah Tujuan Wisata gitu. Banyak bule-bule yang main juga gak? *maklum tinggal di daerah*
      Kami disini udah mentok, bro. Pasang 4000 gak bakalan ada yang main. Terlepas dari tingginya spek, besarnya bandwidth, lancarnya game online, fasilitas AC, ah.. susah bro.

      Sekarang paket ane paling murah 5000/2 jam. Walau bandwidth tinggal 1Mbps, dengan batasan 384kbps/pc (dibanding dulu 1Mbps/pc) baru ada yang mau main. Itupun tinggal beberapa orang. Udah sulit kalo menurut ane mempertahankan usaha warnet disini.

      Delete
  16. salam dari kalimantan timur broo..
    saya sih biasanya sering tanya2 sama anak2 di net ane yg suka antri2 nungguin kompi kosong.. ane tanya kenapa gak main di net sebelah di sni full billingnya jga masih pada lama.. lagian net sebelah lebih murah bisa browsing pula.. lah mereka jawab di sono laag komnya sering stuck..buat main game patah2. yg ane tanyain gitu mungkin udah lebih dari 20 anak yg pernah antri..
    jadi ini menurut ane sih.. sepertinya pelanggan lebih mengutamakan kenyamanan ..harga beda 1.500 dari net sebelah mereka tetap setia antri..saya rasa untuk tahun 2015 ini agar warnet agan tetap exsis harus mengikuti perkembangan hardware pc emang sih biayanya besar tetapi penghasilan bisa meningkat... salam sukses untuk semua owner warnet yang ada di sni ^_^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam balik dari SUMUT, mas bro!
      Sebelumnya ane ngasih tau dulu, Warnet ane akhirnya resmi tutup pertengahan bulan Mei 2015 kemaren. Jadi mungkin reply ane agak sedikit gak relevant lagi mengingat statusiasi Warnet ane.

      Untuk kasus warnet ane, sebenarnya sama mas bro. Warnet ane dikenal baik oleh pelanggan sebagai warnet yang cukup "kencang". Setidaknya untuk daerah sekitar warnet ane. AMD X3 440 + HD5570 di semua komp sejak tahun 2010. Jaman warnet saingan sekitar ane modal 1Mbps, ane udah pake 2Mbps (malah belakangan diupgrade mas Telkom jadi 3Mbps).

      Tapi apa daya, mas bro. Daerah ane, beda Rp. 500 juga jadi masalah =).
      Sukses terus warnetnya, mas bro..

      Delete
  17. Salam hangat dari saya pengusaha Warnet di jakarta.
    Sekarang sudah tahun 2015...ingin berbagi informasi kepada sesama pengusaha Warnet ditanah air... saya buka usaha warnet sejak 17 Juli 2014 s.d sekarang 14 Nop 2015, ( 16 Bulan) adapun tarif yang saya terapkan adalah sbb :
    - Personal : Rp. 4.000,-/Jam
    - Paket 1 : Rp 4.000,- /jam
    - Paket 2 : Rp. 7.000,-/Jam
    - Paket 3 : Rp. 10.000,-/Jam
    - Paket 4 : ( Paket Malam start jam 23:00 + 5 jam) Rp. 12.000,-/ 5jam
    Jumlah PC 11 Unit ( 10 PC Client + 1 PC Server )
    Disamping Warnet Game Online maupun Browsing juga melayani Print + Scan + Cetak Foto karena memang sangat di butuhkan oleh anak sekolah dan Mahasiswa maupun orang kantoran mencari data kemudian mereka print untuk tugas - tugas sekolah mereka. ditambah lagi dengan jualan minuman Kopi dll.
    Tidak Sewa Tempat karena milik sendiri, dengan Penghasilan yang saya bukukan selama 16 Bulan sbb:
    REKAPITULASI LAPORAN KEUANGAN WARNET ( 16 BULAN) :
    - BILLING Rp 173.943.200, -
    - PRINT/SCAN/MINUMAN/FOTO Rp. 68.421.507,-
    ==============
    - TOTAL OMZET Rp. 242.364.707 ,- ( 16 Bulan )
    - RATA RATA OMZET /BLN Rp. 15.147.794,-
    - TOTAL CASHOUT Rp. 73.204.572,- ( 16 Bulan )
    ( First Media 10 MBps.Listrik, Operator 1 Org tidur di warnet, dll )
    ======================
    - TOTAL NET PROFIT Rp. 169.160.135, -
    - NET PROFIT RATA 2 PER BLN Rp. 10.572.508, -

    Demikian hasil yang saya dapatkan selama membuka Warnet yang artinya penghasilan tersebut cukup atau tidaknya sangat relative dikaitkan dengan kebutuhan hidup yang kita perlukan perbulannya tidak sama untuk setiap keluarga...adapan investasi PC, AC dll sudah kembali ( BEP) di Bulan ke 7- 8
    Oh ya karena saya sedikit banyak tahu tentang software dan hardware maka saya tidak menggunakan Teknisi untuk perawatan warnet tersebut, semua saya kerjakan sendiri, yang penting kita mencintai dan menyenagi apa yang kita kerjakan....
    Semoga Bermanfaat untuk teman-teman sesama pengusaha Warnet di tanah air .
    Wassalam

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete