March 25, 2014

Windows 7 Untuk Warnet. Siapa Gak Takut?

Windows 7 System Untuk Warnet

Saya masih sering dengar ketakutan pemilik Warnet akan sistem operasi Windows 7 untuk digunakan di komputer client yang disewakan. Alasannya macam-macam. Takut game online tak berjalan, takut crash dengan penggunaan billing, takut user tak mengerti antarmuka Windows 7, takut lambat, dan takut-takut lainnya.

Yang benar saja, ini sudah tahun 2014, teman-teman. Yang saya sangsikan adalah kebanyakan komputer yang "penakut" ini cuma punya RAM 1GB. Atau jangan-jangan masih 512MB?
Windows 7 mensyaratkan RAM minimal sebesar 1GB dan yang disarankan sebesar 2GB. Kalau komputer anda masih ber-memori 1GB kebawah, ya apa boleh buat. Tak ada jalan lain bagi anda =) Bahkan Linux Ubuntu akan terasa berat di RAM 1GB.

Sudah satu tahun lamanya Warnet saya bermigrasi dari Windows XP ke Windows 7. Dulunya ini disebabkan banyaknya game offline yang tak lagi mendukung Windows XP. Dan baru saja saya menemukan dua game offline yang juga tidak bisa di-install pada Windows XP: FIFA 14 dan F1 2013. Mungkin kalau Warnet anda tak menyediakan game offline terbaru ini tidak akan jadi masalah dan aman untuk dilupakan.
Selama ini yang saya rasakan lancar-lancar saja. Satu-satunya masalah kompatibilitas yang saya temukan adalah saat mencoba instalasi GACAPE Server yang lebih memilih Windows XP, sementara Windows jadul ini akan segera habis masa supportnya. Perusahaan jadul?

Sebagai rekap bagi saya menggunakan Windows 7 itu kelebihannya antara lain:
  1. Aman dari keterbatasan support game-game terbaru
  2. Tidak berat jika RAM 2GB. Tapi tetap disarankan menonaktifkan fitur AERO karena sering bermasalah saat melakukan remote
  3. Masih disupport secara resmi oleh Microsoft. Update security masih akan terus diberikan

Sedangkan kekurangannya antara lain:
  1. Tidak support software GACAPE yang sudah men"cape"kan saya sebelumnya
  2. RAM 1GB sebaiknya tidak usah digunakan untuk keperluan Warnet. User akan mengeluh

Catatan lain yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda semua:
  1. Cafesuite tidak ada masalah dengan Windows 7
  2. Matikan fitur auto-update Windows
  3. Matikan fitur AERO jika penggunaan untuk Warnet. Memang tampilan serasa classic tapi ini untuk kecepatan ekstra bagi pelanggan
  4. Gunakan software asli (saran aja, saya sendiri cuma di Billing sebiji bawaan Windows 7 asli)

16 comments:

  1. halo,makasih uda share.saya ingin nanya kalo ada wkt dibalas ya.. :D wkt pindah dari xp ke w7,file2 (khususnya file game) gmn?ada tips? ato gmn?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo warnet saya cuma ada 2 partisi komputer client, mas bro. C selalu di freeze, game semua masuk di D. Dengan begini yang perlu dipindahin cuma file-file game yang memang cuma ada di drive D.

      Kalo gak mau repot install + ngepatch lagi tentu mas-bro harus punya tempat penyimpanan sementara selain di PC client. Kalau di warnet saya ada file server. Jadi seluruh isi drive D saya backup dulu ke file server.

      Baru setelah Windows 7 nya dipastikan lancar, saya kopi kembali isi backup-an game dari file server ke drive D nya windows 7.

      Dan perlu diingat kalo maen kopi-kopian gini harus ingat shortcut nya yang mana kemana. Misalnya shortcut AyoDance di desktop mengarah ke D:/Ayodance/patcher.exe (misal).

      Delete
    2. makasih uda d balas.skedar cerita,saya mo migrasi ke win 7 nih dalam wkt dekat.tp,lg nunggu timing yg pas.hehe.boleh minta masukan.mas pake billing apa ya?yg compatible d win7 entar..en,kalo boleh ngeropin skali lg,mas d warnetnya game2 online nya apa ya?sama apa game online apa aja yg paling laku?game offline-nya mas apa aja ya?thanks :) skedar informasi warnet saya d Sumut,mas.

      Delete
    3. Wah, dimananya SUMUT nih, mas bro?

      Kalo sekarang sih saya pakai PikaBilling dari PikaWarnet. 3 tahun sebelumnya lama pakai Cafesuite 3.54.5.

      Kalo waktu pake Cafesuite sih aman-aman aja untuk versi itu, cuma pas buka windows explorer hampir seluruh folder bawaan Windows 7 jadi ada dua link. My documents ada 2, my music ada 2, tapi gak ganggu ke kerja billing.

      Cuma catatan saya untuk Cafesuite 3.54.5:
      - suka hang pas masukin produk
      - tambah waktu ke client yang lagi main PB pasti PB nya exit
      - habis restart billing, buka Cafesuite, masalah yang sama terjadi lagi: PB exit

      Sebenarnya saya suka Cafesuite, cuma lagi pengen refresh aja nyoba billing lain =)

      Kalo game online di warnet saya (yang sering dimainin):
      - FIFA Online 3 Indonesia
      - Elsword Indonesia
      - Modoo Marble
      - Point Blank
      - Lost Saga

      Yang tersedia tapi hampir ga ada yang mainin:
      - AyoDance
      - Kart Rider
      - Eligium
      - Atlantica
      - Ragnarok Online 2
      - League of Legends

      Kalo game offline:
      - PES 2014
      - Need for Speed Most Wanted (lumayan nih)
      - Need for Speed Most Wanted 2012 (banyak yang bingung)
      - Super Street Fighter IV

      Delete
    4. weis,mantap2!hehe..sama jg kasusnya qta banyak game online yg ga dimainin jg disini..padahal asal ada gane baru langsung d install.Fuck jg memang.oia,mo nanya,mas..cafesuite gak bermasalah kan d jalanin di win 7.aq jg masih make cafesuite..malahan masih versi yg lama.versi 3.47e...en,PikaBilling nya dpt darimana ya?ribet gak make nya?thanks

      Delete
    5. *ngakak* betul tuh mas bro, mirip. Dulu ane paling rajin juga ngintipin game baru, sedia link download langsung besoknya tersedia. Tapi akhirnya cuma bikin capek karna akhirnya gak ada yang mainin. Kadang saya mikir anak-anak sekarang gak mau susah mikir (game strategi). Cuma perlu sembunyi tembak kabur tembak (PB).

      Versi yang mas bro pake kurang tahu juga tuh apa bisa lancar di Windows 7. Yang pasti versi 3.54.5 dia udah ok koq.

      PikaBilling bisa didownload di situsnya PikaWarnet (http://www.pikawarnet.com/). Perlu pendaftaran id juga.

      Delete
  2. boleh share game OFFline nya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk game offline kan tinggal di download aja, mas bro.
      Kalo ane biasa ambil di http://thepiratebay.si/ pake torrent.

      Delete
    2. warnet ane udah pake windows 8.1 semua!! game lebih ngacirr... stabilll ga banyak erorr,client suka karena cepet. banyak bgt kelebihanny. selalu update lewat windows update,karena aktivasi lewat sype gratis asli,

      Delete
  3. Maksutnya ga support gacape gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, gan sebelumnya. Kurang tau juga kalo sekarang ya. Tapi waktu saya instalasi software GACAPE itu belum support alias tidak bisa jalan di Windows 7. Ane kurang tau juga kali aja versi yang sekarang-sekarang udah support. Thanx, gan.

      Delete
    2. Ngebatesin / Limit Bandwidth tiap client nya gimana gan , kalo di Win 7 .. soalnya kalo di XP ane biasa pake DU Super Controller ,, apa ada software semacem ini buat di Windows 7 gan ? itu yang masih ane pikirin , buat migrasi ke Win 7 :) Makasih

      Delete
    3. @Julio Pratama, kalo ngelimit Bandwidth jangan per client, gan. Terlalu menyita waktu walaupun bisa dibilang sekali set di awal. Lebih baik serahkan pada router atau beberapa billing yang memang juga punya fitur limit bandwidth.

      Kalo agan selama ini ga pake Mikrotik atau sejenisnya, paling gampang menurut ane pake billing PikaBilling. Disini ada fitur limit bandwidth per pc. Walaupun belum pernah ane coba sendiri karna ane udah ngelimit di Mikrotik. Thanx.

      Delete
  4. gan,, mau nanyak ni game PB tempat ane sering ngelak itu kenapa ya gan,, spek pc ane ram 1gb prosesor duel core,, VGA gefore 210 ane gak pake bandwith
    masih baru2 buka warnet ni gan blom tau apa2 :)
    solusiny gan supaya gak ngelak gmana y gan.. oya net ane pake windows xp3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor sih, gan. Cuma kalau lihat dari spek agan:
      - Ram 1GB (kalau bisa tambah 1GB lagi. Enaknya di 2GB)
      - VGA Geforce 210 dari Tomshardware ane liat masih setara Intel HD (integrated). Mungkin hampir gak ada bedanya sama onboard grafis. Hirarki kartu grafik ini sangat membantu buat perbandingan gan:
      http://www.tomshardware.com/reviews/gpu-hierarchy,4388.html

      Terakhir ane pake HD5570 itu lumayan jarang kejadian ngelag. Dulunya harga di 600rb-an. Ini baru ane liat:
      AFOX Radeon HD 5570 2GB DDR3 - AF5570-2048D3H2[Search] Rp 752,000
      (Enterkomputer)

      Penggantinya mungkin sekarang HD 6570

      Kalo masih baru buka Warnetnya tentu terlalu berat kalau ganti VGA. Paling memungkinkan agan tambah 1 keping lagi memorinya biar 2GB.
      Selain itu manajemen bandwidth itu wajib kalo nyediakan game online, gan. Karena gimanapun pasti ada yang buka facebook, play video, dll. Terakhir kali sebelum tutup Warnet ane cuma koneksi 1Mbps (dari yang sebelumnya 3Mbps), pakai mikrotik bagi bandwidth, itu udah banyak yang ngeluh lag.

      Delete