March 26, 2014

XFX HD6570 Untuk Menambang Litecoin


Box XFX HD 6570 1GB DDR3

Ngecek status blogger ada keyword "HD6570 untuk menambang litecoin". Hm.. kenapa tidak saya tuliskan sebuah artikel mengenai ini? Kebetulan saya punya XFX HD6570 di Warnet saya yang disandingkan dengan prosesor Intel.

HD6570 sesuai referensi AMD tidak membutuhkan kabel power, jadi kebutuhan listriknya disuplai langsung dari slot PCI express. Berdasarkan ini saya asumsikan bahwa kecepatan menambang Litecoin HD6570 tidak akan jauh berbeda dengan seri HD5570 yang juga sudah saya coba dengan hasil rata-rata 70 kH/s.
Tampak belakang box XFX HD 6570

Spesifikasi Lengkap Rig Komputer Percobaan

Salah satu unit komputer client di Warnet saya ini merupakan unit penambahan baru bulan Desember 2013 kemaren. Dengan spesifikasi lengkap sebagai berikut:
  • Prosesor Intel Pentium G2020
  • Motherboard Asrock B75M-DGS R2.0
  • Hard Drive WD Caviar Blue 500GB
  • PSU AcBel 400W
  • RAM Team Elite DDR3 PC12800 Dual Kit 2x2GB
  • XFX Radeon HD 6570 1GB DDR3 128bit - HD-657x-ZLF2
  • Casing Aerocool V3X Advance (seluruh fan terpasang 4 unit)
XFX Radeon HD 6570 sendiri berharga Rp. 570.000 saat ini di Enterkomputer.com.
XFX HD-657X-ZLF2

Hasil Percobaan Menambang Litecoin HD 6570

Itensitas: 14

Intensitas: 15

Intensitas: 16

Intensitas: 17

Intensitas: 18

Kecepatan Menambang HD 6570

Dari hasil percobaan terlihat hasil berada di rentang 74 kH/s - 77.7 kH/s. Biasanya saya sendiri tidak akan terlalu "memaksakan" intensitas hingga ke angka 18. Kartu grafik utama saya HD 6850 ada di Intensitas 14 dan berstatus overclock menghasilkan 240 kH/s. Saya merasa menambah Intensitas hanya akan membuat suhu terlalu panas untuk penambahan kH/s yang sangat kecil.

Pantaskah HD 6570 untuk kegiatan tambang-menambang Litecoin?

Dengan kecepatan hanya 74 kH/s, kalkulasi di bitcoinwisdom dengan tingkat difficulty saat ini 5835 maka akan menghasilkan 0.3827 LTC/bulan. Atau setara nilai 6.248 USD/bulan. Tapi jika dikurangkan dengan biaya listrik, sebaiknya urungkan niat anda jika hanya mengandalkan satu kartu grafik HD 6570 saja. Kecuali.... anda nyuri listrik, atau ada tempat yang listriknya gratis? Ikutan dong nambang disitu =)

4 comments:

  1. mantap terus postingannya.. saya jadi pengunjung setia blog agan ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. thanx, gan.. efek Warnet sunyi jadi banyak waktu untuk ngepost *ngakak*
      daripada tenggelam dalam kesunyian, lebih baik waktunya kita pake untuk belajar yang baru =)

      Delete
  2. gan bagi settingan cg miner nya ane pake vga sapphire hd 6570,nyoba dari tadi gagal mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesan gagalnya gimana, gan?
      Kalo ane selalu pake setting default di cgminer.conf. Yang biasa ane ganti cuma intensity.

      Delete