March 8, 2014

Tutorial (Ribet) Install Gacape Warnet Super Updater

Gacape Tapi Cape
Edit post tambahan: 18 April 2014, tambahan sebuah komentar Anonymous (kalo boleh kasih id-nya, gan). Saya rasa komentar agan Anonymous ini sangat penting karena tak jauh berbeda dengan apa yang saya rasakan tentang GACAPE Server ini. Postingan tambahan bisa dilihat paling bawah.

Berhubung Warnet lagi sepi-sepinya, saya teringat Gacape yang sejak tahun lalu sebenarnya udah saya daftar, tapi belum sempat diterapkan di Warnet. Ini adalah sebuah log Tutorial instalasi versi saya. Kenapa perlu tutorial lagi? Karena.. tutorial resmi dari web Gacape itu tak jelas.

Tahap 1. Download & Install

  • Alamat resmi Gacape: www.gacape.com
  • Download secara jantan dari salah satu server yang disediakan. Isinya sudah termasuk untuk Server & Client
  • Install Gacape Server di komputer yang akan dijadikan sebagai server. Sesuai petunjuk, disarankan komputer ini terpisah dari Billing. Karena Billing sendiri sudah cukup pusing meladeni settingan waktu komputer client
  • Setelah instalasi, lalu akan diminta username & password. Sayangnya disini salah satu "keanehan" yang terjadi: id disini bukanlah id yang didaftarkan pada web Gacape. Setelah menelisik arsip-arsip lama, akhirnya saya temukan id & password yang pada akhirnyapun tetap tak bisa digunakan untuk verifikasi saat instalasi
  • Segera hubungi support Gacape untuk mendapatkan id & password yang baru, karena sepertinya diberlakukan sistem kadaluarsa untuk ini
  • Mudah-mudahan anda tidak mengalami seperti apa yang saya alami hari ini. Saya hubungi pukul 11:00 WIB, balasan mereka terlalu lama sampai menyentuh jam makan siang. Baik saya maklumi. Lalu sore saya hubungi kembali, ternyata jawabannya via Yahoo Messenger: marketinggacape1: besok aj ya udah mau pulang. Mau marah ya namanya software gratisan, ya udah cukup dijawab dengan: baiklah.
  • Sayang, harus menunggu satu hari lagi =)
lanjutan..
Hari ini saya mencoba menghubungi lagi support Gacape via Yahoo Messenger, dan ternyata kali ini respon lebih baik. Setelah diberikan password baru, saya coba verifikasi baru berhasil. Harap dicatat bahwa memang id Gacape memiliki sistem kadaluarsa dengan rentang satu tahun. 
  • Lanjutkan instalasi dengan mengikuti tutorial resmi dari Gacape, untuk sementara belum ada yang perlu ditambahin
Tahap 2. Setting Server Gacape
  • Setelah instalasi selesai, maka kita sampai pada bagian setting Server Gacape yang tak kalah membingungkan. Satu-satunya panduan yang mungkin pantas untuk diikuti adalah yang terdapat pada akun Gacape Tutorial Youtube
  • Sekian banyaknya opsi yang terdapat pada settingan Server Gacape, kita tidak akan menemukan keterangan yang jelas per bagiannya. Entah "ada sesuatu" atau memang Gacape tidak mau ambil pusing untuk menjelaskan settingan satu per satu. Lagi-lagi, namanya gratisan, kita cobain aja sendiri
Tahap 3. Penambahan Game
  • Kita lanjutkan kebingungan kita pada tahap berikutnya: PENAMBAHAN GAME
  • Disini kita dihadapkan pada kebingunan karena salah satu game yang paling populer saja (baca: Point Blank) tidak tersedia pilihan download-nya. Dan itu baru satu game, masih banyak game populer lainnya yang tak tersedia sebagai pilihan download
Tak terdapat game populer Point Blank
  • Dan setelah menelisik lagi video tutorial yang tersedia di Youtube, baru kita akan mengeri "sedikit" tentang cara penambahan game
  • Sementara sebelumnya kita diharapkan untuk mem-format komputer yang akan dijadikan sebagai server, coba seandainya tak ada backup file game populer ini pada komputer client. Maka kita masih harus akan dipusingkan lagi dengan download installer terbaru dari situs publisher game masing-masing. Kita lihat saja, apa software ini sesuai dengan namanya GACAPE? Karena saya sudah cukup CAPE ngerjain instalasi software ini di hari ke-2
Transfer file game dari server backup
Tahap 4. Kebingungan Berlanjut..

  • Dan setelah mencoba sana-sini, saya yakin anda pasti akan menghadapi berbagai masalah seperti yang saya alami juga. Mulai dari otomatis update yang tidak berjalan, kategori yang berantakan, tampilan menu client yang tidak menarik, dan segudang masalah lainnya yang bisa bikin kita lebih milih tidak jadi menerapkan Gacape Server ini
  • Sebagai sebuah catatan yang sangat penting adalah: saya berikan tulisan bold, akun pada Windows yang digunakan, baik Server maupun Client, haruslah akun ADMINISTRATOR. Tidak bisa hanya menggunakan akun tambahan yang privilege-nya Administrator. Hal ini harusnya dijelaskan lebih awal oleh Tutorial Gacape untuk memudahkan langkah berikutnya tapi sepertinya tidak terlalu ditekankan. Baru setelah anda menghubungi support mereka akan diganti secara remote. Sungguh men-CAPE-kan sekali
  • Pertimbangkan software-software yang akan anda masukkan dan gunakan dari Server. Pada awalnya saya mencoba memasukkan banyak sekali software portable mulai dari 7-zip sampai Mozilla Firefox portable. Tapi untuk saat ini saya lebih memilih instalasi manual seperti yang pernah saya jelaskan menggunakan Ninite.
Tahap ........ Entah tutorial ini masih perlu saya lanjutkan atau tidak, yang pasti dengan segala kebingungan saya, coba sana coba sini, sampai 1 minggu lamanya sistem GACAPE Server ini belum bisa berjalan dengan lancar. Untungnya berdasarkan pengalaman saya baru mencoba di hanya 1 komputer client. Dengan efek yang cukup mengagumkan: banyak pelanggan yang menghindari komputer tersebut karena tampilan yang cukup membingungkan dibanding settingan desktop manual saya selama ini. 

Saran saya? Kalau tidak suka oprek sebaiknya tidak usah dicoba, gunakan saja instalasi manual. Kalaupun maksa mau nyoba sebaiknya di satu komputer cadangan. Atau dengan kata lain anda butuh 2 komputer: 1 server dan 1 client.

Sebaiknya Tutorial ini cukup saya akhiri sampai disini saja, karena saya sendiri merasa CAPE mencoba GACAPE yang katanya 100% tambah pelanggan =)


Sebuah komentar tanpa nama yang saya rasa sangat layak untuk saya tambahkan ke postingan ini:AnonymousApril 17, 2014 at 9:35 PMBETUL GAN! Bener-bener ribet ini software gratisan Gacape. Berhari-hari ane ikutin tutorialnya, baik yang di web, di pdf, di word kagak ada yang berhasil seperti yang dijanjikan. Berikut penderitaan ane yang ane ingat :
- Nama file client berbeda dari yg di tutorial. Ane sempat cari-cari ulang di donlad area tapi gak ketemu. Ternyata nama file client adalah GACAPE MENU, bukan Client Setup seperti yg disebutkan di tutorial. Hal ini sepele, tapi bagi pemula, ini bikin bingung. Dikiranya harus donlod lagi.
- Waktu ane minta ID (username) untuk instal server, lewat YM, kok mereka juga keheranan. padahal ane udah jelas-jelas bilang "Minta ID untuk instal gacape server". Mereka kira ID untuk login ke website. Mereka yang bikin, mereka yang bingung!
- Di tengah-tengah instalasi diminta lagi masukin PASSWORD. PW apa lagi ini? Saya isi sembarangan, bisa.
- Sebelum instalasi anti virus harus mati, firewall juga harus dimatikan. Software yang ganas ini mah.
- Di tutorial disebutkan harus mengisi IP Address client satu saja, berikut DNSnya, Gatewaynya, dll. Nanti PC yang lain akan muncul sendiri IPnya, seperti di preview. Tapi di seting 'Network" tsb selalu hilang semua parameter yang ane masukin tiap kali buka lagi. Padahal udah diklik Apply.
Waktu ane tanya ke "IT"nya, jawabnya "Oh, itu gak perlu Gan. Diseting di PC Client saja." Gubrak!
-Akhirnya berhasil juga nginstal server dan client. Ane pencet tombol SCAN supaya PC client otomatis muncul di Server. Tapi yang muncul malah pc yang belum diinstal Gacape Menu (client). Yang udah diinstal menu malah gak muncul. Aneh.
- Trus ane coba masukin game ke server sesuai instruksi di situ. Tapi gak mau masuk-masuk itu game. Kata "IT"nya, nama fordernya KEPANJANGAN, jadi gak muat. Ane nurut aja sama "IT" tsb. Nama forder game ane singkat semua. Tapi tetap gak bisa. Setelah ane DRAGG dari windows explorer ke ruangan game, baru bisa. Hedeuh.
- Sukses juga akhirnya walaupun bantuan IT-IT Gacape deh di YM TIDAK MEMBANTU SAMA SEKALI. Kadang mereka bermaksud bantu pake Teamviewer, tapi teamviewer mereka sering disconect.
- Lantas ane TEST DRIVE ini software keren abis . Dah abis dah energi ane. Kenapa? Client gak mau connect ke server. ane restrart tetap gak nongol di server. Ane YM lagi "IT"nya walaupun yakin ane bakal dapat jawaban konyol. Eh benar, kata IT Gacape yang gak perlu ane sebutin IDnya, begini: "Direstor aja pak." Restore gundulmu. Wong belum ada yang jalan kok direstore, kata hati saya.
Karena frustrasi, dah ane bongkar aja ini gacape yang bikin cape dari PC server. Ane unisnstal. Beres. Tapi yang di client gak bisa dihapus. Setelah ane uninstal, restart, eh, nongol lagi. Uninstal lagi, kali ini pake REVO UNINSTALLER yang ampuh, eh, nongol lagi itu menu gacape menutupi menu yang lain. WUAAAAAA!
Dah. Ane format aja. Beres. Bye bye Gacape: Gagal dan Cape!

40 comments:

  1. Lalu yg di maksud tutorial, itu yg mna boss

    #gak_bermutu_bgt_tutorial_nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dibaca ulang lagi mas bro.. tahap kesekian sudah gagal total soalnya.. makanya ga dilanjutin lagi..
      Thanx udah mampir =)

      Delete
  2. gabung sini rasakan manfaatnya gacape,, https://www.facebook.com/groups/KomunitasGacapeIndonesia/

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap kk, saya udah CAPE mencoba Gacape =)

      Delete
    2. Saya sudah ikutan komunitas gacape di facebook. Isinya sudah saya ubek-ubek semua. Rata-rata cuma pada pamer penampakan pc nya yang katanya SUKSES instal gacape. Tapi yang pada punya problem sangat minim dapat solusi. Banyak yang gak ada kelanjutan cerita, sudah solved apa belum.

      Delete
    3. Idem, gan. Kalau diperhatikan komunitas gacape facebook itu lebih diperuntukkan bagi pengguna yang sudah "berhasil" jalan server gacapenya. Kalau yang clueless dan nubi seperti kita hampir tak ada manfaatnya. Lagian gak usah jauh-jauh, tutorial resminya sendiri diragukan. Lalu kemudian ada komunitasnya lagi untuk kita bisa "rasakan manfaatnya". Ah, pusing. Cape Deh..

      Delete
  3. BETUL GAN! Bener-bener ribet ini software gratisan Gacape. Berhari-hari ane ikutin tutorialnya, baik yang di web, di pdf, di word kagak ada yang berhasil seperti yang dijanjikan. Berikut penderitaan ane yang ane ingat :

    - Nama file client berbeda dari yg di tutorial. Ane sempat cari-cari ulang di donlad area tapi gak ketemu. Ternyata nama file client adalah GACAPE MENU, bukan Client Setup seperti yg disebutkan di tutorial. Hal ini sepele, tapi bagi pemula, ini bikin bingung. Dikiranya harus donlod lagi.

    - Waktu ane minta ID (username) untuk instal server, lewat YM, kok mereka juga keheranan. padahal ane udah jelas-jelas bilang "Minta ID untuk instal gacape server". Mereka kira ID untuk login ke website. Mereka yang bikin, mereka yang bingung!

    - Di tengah-tengah instalasi diminta lagi masukin PASSWORD. PW apa lagi ini? Saya isi sembarangan, bisa.

    - Sebelum instalasi anti virus harus mati, firewall juga harus dimatikan. Software yang ganas ini mah.

    - Di tutorial disebutkan harus mengisi IP Address client satu saja, berikut DNSnya, Gatewaynya, dll. Nanti PC yang lain akan muncul sendiri IPnya, seperti di preview. Tapi di seting 'Network" tsb selalu hilang semua parameter yang ane masukin tiap kali buka lagi. Padahal udah diklik Apply.
    Waktu ane tanya ke "IT"nya, jawabnya "Oh, itu gak perlu Gan. Diseting di PC Client saja." Gubrak!

    -Akhirnya berhasil juga nginstal server dan client. Ane pencet tombol SCAN supaya PC client otomatis muncul di Server. Tapi yang muncul malah pc yang belum diinstal Gacape Menu (client). Yang udah diinstal menu malah gak muncul. Aneh.

    - Trus ane coba masukin game ke server sesuai instruksi di situ. Tapi gak mau masuk-masuk itu game. Kata "IT"nya, nama fordernya KEPANJANGAN, jadi gak muat. Ane nurut aja sama "IT" tsb. Nama forder game ane singkat semua. Tapi tetap gak bisa. Setelah ane DRAGG dari windows explorer ke ruangan game, baru bisa. Hedeuh.

    - Sukses juga akhirnya walaupun bantuan IT-IT Gacape deh di YM TIDAK MEMBANTU SAMA SEKALI. Kadang mereka bermaksud bantu pake Teamviewer, tapi teamviewer mereka sering disconect.

    - Lantas ane TEST DRIVE ini software keren abis . Dah abis dah energi ane. Kenapa? Client gak mau connect ke server. ane restrart tetap gak nongol di server. Ane YM lagi "IT"nya walaupun yakin ane bakal dapat jawaban konyol. Eh benar, kata IT Gacape yang gak perlu ane sebutin IDnya, begini: "Direstor aja pak." Restore gundulmu. Wong belum ada yang jalan kok direstore, kata hati saya.

    Karena frustrasi, dah ane bongkar aja ini gacape yang bikin cape dari PC server. Ane unisnstal. Beres. Tapi yang di client gak bisa dihapus. Setelah ane uninstal, restart, eh, nongol lagi. Uninstal lagi, kali ini pake REVO UNINSTALLER yang ampuh, eh, nongol lagi itu menu gacape menutupi menu yang lain. WUAAAAAA!
    Dah. Ane format aja. Beres. Bye bye Gacape: Gagal dan Cape!


    -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gila.. ternyata kisah mas bro tentang Gacape yang sangat menCapekan ini lebih seru dari kisah ane..
      Kalo boleh besok ane masukin di postingan ini biar teman-teman yamg lain bisa berpikir duaribu kali sebelum mencoba langsung.

      Saya juga heran sepertinya support yang mereka berikan itu sangat pas-pasan. Dengan modal Teamviewer, edit sana sini, dengan penjelasan yang kadang terlalu menggemaskan untuk diterima oleh nubi-nubi seperti ane.

      Bahkan saya sampe gagal menciptakan tutorial yang maksudnya ingin lebih membantu ketimbang tutorial resmi dari mereka.

      Mudah-mudahan yang udah terlanjur nyoba apalagi sempat menerapkan langsung dapat diberikan jalan =)

      Delete
  4. tuh gabung digrupnya aja yg FB..kalo mau gampang minta di instalin aja..pake TimeViewer,.nanti diremote..tapi jangan harap langsung direspon..karena para admin nya juga pada punya kesibukan masing2 :)
    dan jangan lupa baca rules nya dulu sebelum minta tolong, bertanya, dll..dan ingat..yang ingin minta bantuan ga usah marah2 dan pengen cepet2..udah dapet gratis marah2 pula..udah dibantuin tanpa ada imbalan malah nyolot dan nyalahin ini itu..apa ga bete tuh yg mau bantuinnya..

    oia..saya sendiri udah nyoba..malah skrg pake mode diskless..emang ribet d awal..tp gacape di akhir :)

    ReplyDelete
  5. ngakak postingan lu bray kesalahan bukan pada gacape. tp pada diri lu semvak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sungguh beruntung bisa bikin agan ngakak. Setidaknya bermanfaat sedikit =))

      Delete
  6. tp mantep gan,,ane coba lancar" aja

    ReplyDelete
  7. tenang, besok ane bikinin grup facebook
    Komunitas Anti Gacape Indonesia wkwkwkwk

    ReplyDelete
  8. halah lha wong dikasih gratis aja udah pada mengeluh apa lagi klo bayar bisa bisa di tuntut ke MK nanti. wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  9. kalau gak mampu menguasai / mengoperasikan sebuah software, program atau produk apapun buatan orang lain, ya cari tau, pelajari, tanya sana tanya sini, gpp dibully, demi ilmu.. kalau kira2 udah gak kuat mental, udah abis kesabaran, dan ternyata memang kapasitas otaknya udah "GAK MAMPU" ya mundur teratur secara baik2. karna anda tidak mampu, bukan salah orang lain, jadi jgn nyebar2in sesuatu yang berbau menjelek-jelekkan. sakit hati boleh, tapi yg fair caranya
    kalau emang barangnya yang jelek, dan bukan penulis yang bodoh, kok bisa banyak orang lain berhasil make ini software? berarti kan barangnya gak bermasalah, cuman penulisnya yg kurang smart tapi gak mau mengakui
    no offense, karna diam2 ane jg masih berharap agan penulis dapat hidayan dan bisa merasakan arti dan manfaat sesungguhnya dari GakCape ini yang emang bener2 gak bikin cape, kalo di impementasikan dengan cara yang benar

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Pada awal pemakaian Gacape jujur 1 hari warnet sy tutup, tapi disinilah kita belajar tentang sesuatu yang baru..
    Saat ini setelah menggunakan Gacape jujur sy hampir tidak pernah menyentuh Client kecuali Rusak Hardware..
    Gacape bila anda memahami akan membuat anda tidak Cape lagi mengurus Warnet..
    Salam dari bogor
    AvR TeAM : http://avrteam.co.vu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya nyetingnya sambil nyantai bang, setingg di server hanya butuh 5 menit, yang lama index gamenya, habis itu pelan2 di clent, setiap pc yg gak dipake user saya pasang di client, user pulang satu saya pasang lagi, terus satu persatu hingga selesai. tanpa harus nutup warnet

      Delete
  12. ribet buat yang gak bisa... kalo di pelajarin pasti bisa... kalo udah bisa bakalan kesemsem dah.. kalo tetep bilang ribet ya gak usah pake.... manual aja... apalagi kalo 70 kompi... hahaha... ketauan gak mau belajar...

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. wkwkwkwkwkwk ni software banyak yang make cong.....
    artinya ni program running well, kalo lu gagal harus lu tanya ma diri lu sendiri seberapa besar usaha lu memahami software ini

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. wow.. bahasanya..
    Kalo mau berpendapat ga usah pake maki-maki, gan. Sante aja tetap dibaca kok.
    Sorry ane harus filter yang pake bahasa tidak baik.
    Indonesia harus maju, jangan komen-komen model bocah kayak di timeline Facebook PB gitu ah.

    ReplyDelete
  18. Mending kolom commentnya dihapus aja om..
    daripada di bully gini.. hahahahaha...
    btw.. saya punya 2 cabang warnet dan semuanya pakai GACAPE Diskless..
    Alhasil saya sekarang nganggur..
    bingung mau ngapain gak ada yg dikerjain..

    ReplyDelete
  19. jangan pelit kalilah om,bayar dikit tehnisi yg pintar masangnya,masa sih gara2 200rb aja gak mau manfaat gacape se gudang..hahahah
    warnet saya tambah ramai krn game banyak banget yg terinstal,..

    ReplyDelete
  20. anda terlalu banyak mengeluh...
    untuk software gratisan Gacape sangat worth dgn instalasi yg sedikit rumit
    dan sekarang saya makah nganggur ga pernah mainten warnet

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sich, apakah aplikasi tersebut bisa mengatasi kerusakan hardware,,..? pasti donk anda sesekali maintenance wokwokw

      Delete
    2. ga percaya ah... kerusakan lain belum tentu aplikasi itu bisa handle, wowkokwkw pasti ada maintenance nya

      Delete
  21. pengalaman ane bukan ga ngerti gan...tp kelang 4 hari penginstalan tiba2 minta id ama password utk run server gpcnya lg, sukses diisi malah restart softwarenya dan terulang begitu terus sampai 1o kali mungkin ada,kontak taknisi gcp baru bisa login normal, besoknya mau buka net tetep minta id ama pass lg, setelah sukses malah pesan erorrnya beda mac address ......mungkin blom jodoh...

    ReplyDelete
  22. Sekarang GCP udah gak laku dan banyak ditinggal warnet. Instalasinya super ribet dan minta IDnya juga caranya aneh. Harus gabung di group fbnya dulu. Trus kalo udah dapat ID tapi gagal instal, IDnya bakal dicabut. Trus kalo kita protes dan kasih saran yg kritis, malah dikick dari groupnya. Akhirnya ane pake Cyberindo. CSnya 24 jam dan ramah. Program disklessnya ringan dan canggih. Ada auto updatenya lagi untuk game-game di tanah air. Pokoknya GCP gak rekomended dah. Makan ati.

    ReplyDelete
  23. Manual is The Best !!! itulah pendapat saya yg sudah punya net sejak tahun 2001. Tanpa gacape klient di net masih bisa cari uang/beroperasi walaupun server bermasalah. Tanpa gacape kemungkinan game error itu nol persen, dengan gacape kalau game di server error alamat bakal tambah pusing ngerjain yg diclient. Tanpa gacape kita bisa lebih care terhadap kompi client baik itu settingannya ataupun softwarenya, walaupun manual harus cape sedikit tapi hasilnya sebanding,biasanya saya update client hanya dengan share menggunakan menu windows dan dilakukan pada malam hari setelah net tutup tanpa mengganggu aktifitas user/customer. Sekian pengalaman ane. Say no to gacape and CyberIndo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru dengar itu CyberIndo, gan. Nyaris gak ngikutin perkembangan dunia per-warnetan lagi. Patching ala rock n' roll (a.k.a manual) emang lebih capek tapi lebih pasti =)

      Delete
  24. Pake cyberindo updater gan, buat referensi ajah.. Kalo mau tau kualitas harus ada pembanding.. salam

    ReplyDelete
  25. Untuk tahu kualitas, butuh pembanding gan, coba pake cyberindo updater, gratisssss..

    ReplyDelete
  26. menurut saya hanya kurang teliti yang posting
    saya berhasil setting manual gacape server di windows 10
    dan autopilot

    ReplyDelete