March 12, 2014

Review Smart Billing Gemscool Gwarnet


Kali ini saya mau cerita sedikit pengalaman ngutak-ngatik Smart Billing, Billing kepunyaan Gemscool yang kalau tidak salah dikeluarkan bersamaan dengan program Gwarnet Gemscool. Bagi pemakai Smart Billing maka Warnetnya berhak mendapatkan status Gwarnet Gold dengan bonus yang lebih banyak dibanding Gwarnet Premium.

Pertama: Manual
Manual Smart Billing cukup mudah dipahami untuk diikuti sendiri. Tak banyak aturan-aturan "cape deh" ala Gacape seperti yang harus administratorlah, install ulanglah, formatlah. Saya coba di komputer warnet langsung bekas percobaan Gacape Server tanpa ada perubahan sedikitpun, ternyata instalasi berjalan dengan mulus. Program Smart Billing Server pun berjalan dengan baik tanpa id-id kadaluarsa ala Gacape yang sangat membingungkan. Saran saya disini cukup ikuti manual yang disediakan oleh Gemscool.

Kedua: Menu Billing
Apa boleh buat, disini terpaksa saya bandingkan dengan salah satu Billing yang menurut saya paling sakti: Cafesuite. 3 tahun lamanya saya menggunakan Cafesuite untuk warnet saya. Kadang hang saat remote komputer client, saat masukin produk penjualan barang, atau saat komputer sedang repot membuka photoshop dan sejenisnya yang memang aplikasi kelas berat. Tapi diluar itu Cafesuite adalah (sekali lagi) Billing yang paling sakti bagi saya. Selain juga sudah sangat paham dengan settingannya.
Di Smart Billing menu yang tersedia sudah jelas tak selengkap Cafesuite. Biar gampang dilihat sebaiknya saya sajikan per poin saja:
  • Smart Billing tidak memiliki sistem poin member
    Padahal selama ini saya selalu menggunakan sistem poin member di Cafesuite. Jadi member main sekian, dapat poin, kumpulin poin sampai sekian, lalu bisa ditukar dengan hadiah-hadiah menarik.
  • Smart Billing tidak bisa kalkulasi uang kembalian
    Di Cafesuite misalkan pelanggan selesai dengan tagihan Rp. 3.500,- maka saat akan mengosongkan komputer yang ia gunakan, kita bisa masukkan jumlah uang yang dibayarkan pelanggan. Misalkan ia membayar dengan uang Rp. 10.000,- maka secara otomatis akan ditampilkan jumlah uang kembalian. Ini cukup membantu saat belanjaan pelanggan banyak dan suka memberi uang tambahan biar kembaliannya pas =)
Ketiga: Menu Client
Kenapa Smart Billing gratis? Ternyata Gemscool menempatkan situs mereka sebagai situs awal bukaan di browser default setiap client. Jadi setiap user membuka Firefox, misalnya, akan otomatis terbuka iklan Gwarnet seperti game-game mobile mereka. Cukup fair saya rasa.

Catatan: posting ini akan diperbaharui seiring penerapan Smart Billing di warnet saya. Saat ini saya hanya mencoba di satu komputer client. Jadi di komputer Billing ada 2 billing berjalan: Smart Billing untuk satu komputer, dan Cafesuite untuk sisa seluruh komputer. Kita tidak mau warnet tidak bisa beroperasi gara-gara percobaan Billing bukan? 

No comments:

Post a Comment