January 24, 2014

Tarif Warnet 2014

Akhirnya sudah saya bulatkan untuk menaikkan tarif dari 3000 menjadi 4000 per jam. Akan mulai diberlakukan per 1 February 2014 ini. Saya yakin akan banyak pelanggan yang kabur melihat kepala 4 itu, tapi ini memang sudah tak mungkin dipertahankan lagi. Sebagai penarik agar tak terlalu mengejutkan saya buat skema tarif yang mirip:
- Rp. 4000 untuk 1 jam pertama
- Rp. 3000 untuk jam berikutnya

Jadi dengan skema itu, main selama 2 jam akan dikenakan tarif Rp. 7000,- dibanding sebelumnya Rp. 5500. Ayo teman-teman, kalau bisa kita naikkan bersama biar kita gak saling bunuh. Ini sudah terlalu berat. Pikirkan biaya perbaikan keyboard, mouse, headset, kartu grafik, dan lainnya yang semakin meroket gara-gara dollar. Juga kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

15 comments:

  1. Setuju Gan, mengingat warnet juga suatu pekerjaan buat user/pemilik & juga mengingat biaya2 ekstra yang harus dikeluarkan seperti maintenance, service, jaringan optik & kenaikaan tdl listrik,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah ngamini, gan.. Hari ini udah berlaku di warnet ane: Rp. 4000 dengan hasil sementara cukup sepi dibanding sabtu lalu. Tapi kita tidak boleh terjebak oleh persaingan harga bukan? =))

      Delete
  2. setuju gan, warnet ane baru kemarin 4000/jam, paket sementara ini tidak ane berlakukan, pertimbangannya memang beban biaya semakin berat ni gan, tapi ini masih ujicoba dulu gan, liha-lihat perkembangannya besok..

    ReplyDelete
  3. Asyik.. kalo boleh tau daerah mana gan? Kalo di saya sendiri di hari ke-6 nih, makin sepi.. Semalam cuma dapat Rp. 110ribu dari sewa komputer. Tapi saya bawa santai aja. Lebih baik saya pusing gak bisa bayar listrik karna gak ada yang main ketimbang pusing ganti alat karna yang main ancur-ancuran *mental 2000 per jam, banting sana banting sini*

    ReplyDelete
  4. Teruskan gan di tempat ane 3000 mau di naikin ke 4000 jga gan, tarif di bawah 3000 kelaut aja !!! Ga nutup harga segitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muantab, gan.. Teguhkan hati sebelum dinaikin.. Dari "curhatan" ane di blog ini bisa keliatan gambarannya setelah dinaikin jadi Rp. 4000/jam.. Go! Go! Go! =)

      Delete
  5. saya juga setuju min, tarif 4000/jam udah wajib diberlakukan. klo ditempat saya kelola ruangan ac, no smoking area, lesehan duduk matras. Btw blog nya mantaffff min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat mas bro zams dipasang tarif berapa sekarang? AC, hm.. saya paling ngerti berapa biaya yang disedot AC. Yang pasti bikin bulu kuduk merinding *ngakak*.

      Tempat saya juga dari awal tujuannya no-smoking, mas bro. Cuma ane dulu gak ikut terjun langsung. Terakhir udah jadi kebiasaan pelanggan pada merokok dengan AC tetap menyala. Tau dah udah pada sakit apa tuh sekarang..

      Delete
  6. tempat ane dah naik gan dr awal maret gan jd 4000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik.. trus gimana perkembangannya sejak jadi 4000, gan? Dishare pengalamannya biar kita bisa jadi bahan untuk kita bersama =)

      Delete
  7. Saya belum berani menaikan harga di warnet saya karena di daerah saya terhitung kurang lebih ada 10 warnet dalam jarak kurang lebih 100 meter bahkan warnet ane dgan warnet dpan gang cuma berjarak 20m dri awal dia buka warnet memasang tarif 1500/jam dan berefek sepi di warnet saya.. smpai blan ke-3 dia memasang tarif 2000/jam sampe skrg mngkin dia baru tau betapa besar nya biaya warnet dengan kekeh nya memasang tarif 3000/jam 5000/2jam 7000/3jam makanya sampai saat ini saya belum berani pasang tarif 4000/jam sebnr nya siih memang bner ada nya corat coret akhir bulan aja sering kali cuma bisa senyum kecil miris karena mengingat biaya provider intrnet 600rb+Listrik+sewa tempat+biaya karyawan untuk jaga malam warnet saya 24 jam sungguh jauh dari penghasilan warnet di 5thn lalu mengingat sudah sepi nya pelanggan warnet masa kini ...
    MIRIS T_T apalagi TDL mau naik dekat2 ini dibandingkan dengan biaya kencing yg sudah 2000 sekali kencing tggal tggu knaikan dari warnet2 dpan deh spaya sadar tidak lagi melakukan perang tarif T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya sudah menjalaninya selama 4 bulan mas bro, sebaiknya hilangkan saja dulu keinginan menaikkan tarif. Kasus saya cukup parah sampai bulan lalu nyaris tak ada keuntungannya karena mayoritas pelanggan lebih memilih warnet tetangga yang lebih murah Rp. 1000 per jamnya. Walaupun dengan jaminan kualitas lebih baik di warnet saya, harga masih yang jadi prioritas di mata pelanggan warnet sekitar saya.

      Sangat memprihatinkan memang. Tapi kita harus tetap tersenyum, walaupun tersenyum miris juga (hehehehe)

      Delete
  8. yups ane setuju klo tarip d naikan jd 4000 per jam karena melihat kebutuhan operasional warnet yang ngebengkak gan..... tp gimna caranya ya biar semua bs kompak?tolong dong kita kompakan g usah banting-banting harga.g usah saling menjatuhkan.....

    ReplyDelete
  9. SAYA SETUJU TINGKAT DEWA BRO......!!!!
    Saya setuju kalau warnet perjam 4000. karena tarif speedy internet + TDL + Maintenance komputer muahal semenjak BBM naik bulan Nopember 2014.
    Harga di Bandung aja udah 4000/jam sebelum BBM Naik
    Harga di Bali aja udah 5000/jam sebelum BBM Naik
    Harga di Papua aja udah 6000/jam sebelum BBM Naik
    Harga di Surabaya 3000/jam sebelum BBM Naik
    Jadi, mungkin mereka akan menaikan tarifx sekitar 1000 s/d 2000 perjam sesuai kondisi dareah masing-masing di awal tahun 2015 ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen kayak gini ni yang bisa membakar semangat kawula muda rekan pebisnis Warnet. Jiakakakakak.
      Sayangnya di ane udah gagal, gan. Gagal total malah. Ga ada pengunjung yang datang kecuali yang belum pernah main sini, atau cuma main bentar, yang pasti kemaren-kemaren itu minus. Udah coba turun lagi, naikin dikit lagi, ah pusing tidak terkira.
      Ane udah mutusin untuk mundur, bro. Tak sanggup lagi diriku mengikuti dunia perwarnetan ini.

      Delete