May 2, 2014

Tiga Bulan Berjuang di Tarif Warnet 4000 per Jam

Baiklah, sesuai saya janjikan. Ini dia penghasilan Warnet saya selama 3 bulan terakhir. Tarif 4000 per jam, apa yang terjadi?

  • Pebruari 2014: Sewa Komputer Rp. 3.503.000,-
  • Maret 2014: Sewa Komputer Rp. 3.224.000,-
  • April 2014: Sewa Komputer Rp. 1.511.845,-
Cukup menarik melihat penghasilan sewa komputer di bulan Maret 2014. Masih ada di kepala 3. Yang miris adalah bulan lalu yang cuma menghasilkan Rp. 1,5 juta dari sewa komputer saja. Sedangkan profit sebenarnya yang dihasilkan adalah:
  • Pebruari 2014: Profit Rp. 2.358.000,-
  • Maret 2014: Profit Rp. 2.945.000,-
  • April 2014: Profit Rp. 1.511.845,-
Profit itu sudah termasuk pemasukan & pengeluaran lainnya selain sewa komputer. Pemasukan antara lain:
  1. Layanan scan & print
  2. Jualan pulsa
  3. Jualan voucher (cash game)
  4. Dan beberapa layanan sampingan seperti install OS, jasa download, edit photoshop
Cukup tragis bukan? Mungkin bisa jadi pertimbangan bagi teman-teman seperjuangan yang sedang bingung dengan usaha Warnet-nya. Satu hal yang saya pelajari adalah bahwa kita sulit melawan arus pasar. Terutama jika saingan terlalu dekat. Daerah saya buka masih tergolong "perkampungan", tidak berada di jalan utama. Tiba-tiba saya merasa bahwa segala usaha yang saya buat untuk menyenangkan pelanggan itu seperti tidak ada "harganya". Lebih mahal Rp. 1500 dari Warnet tetangga membuat Warnet saya ditinggal begitu saja meski ada fasilitas lebih. AC yang dingin, WC yang sangat bersih, air minum gratis, file server yang berisi film kualitas HD terbaru plus mp3, proxy server untuk lebih mempercepat proses patching. Itu semua akan sia-sia jika ada saingan yang lebih murah walaupun sudah jelas "lag".

Tapi saya tidak akan ikut "arus" lagi =) jadi tarif Warnet saya tetap akan ada di harga Rp. 4000 per jam sementara saya mempersiapkan layanan baru. Untuk saat ini saya sedang trial and error RT-RW net kecil-kecilan. Sementara masih pakai Access Point Linksys sisa yang sudah tak terpakai lagi. Mungkin bisa menarik pengguna laptop / smartphone di sekitar Warnet saya. Keep Smile =)

19 comments:

  1. kayanya agak berat mas kalo maksain tarif warnet 4000/jam sedangkan sekitar nya masih 2500-3000/jam. mungkin kalo orang2 yg main disana anak2 kuliahan/sma masih bisa terjangkau mereka tapi kalo yg main kebanyakan bocah yg jajannya ga trelalu byk jelas lebih milih warnet yg tarifnya lebih murah.
    mas mau tanya kalodisana sering masalah ya speedynya? kalo mas naikan tarif tapi koneksinya sering masalah ya ga bagus juga buat warnet mas. seharusnya kalo naik berarti pelayanan tambah bagus termasuk koneksinya mas. mohon maaf kalo ada yg salah dgn pendapat sy. sy jg punya usaha warnet kecil2an mas. smoga warnetnya bisa rame lg mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas bro. Dengan kondisi yang demikian: warnet saingan lebih murah, mayoritas pelanggan bocah, sudah jelas kalau yang ane lakonin ini melawan arus. Tapi kebutuhan juga terus meningkat. Ane tidak mau terjebak terlalu lama di bisnis ini kalau memang tidak bisa menghasilkan sesuatu yang cukup.

      Koneksi Speedy warnet ane entah kenapa udah 1 bulan terakhir ini sangat buruk. Support tak jelas dari Speedy bikin uring"an semakin lengkap. Kalau pelayanan saya berikan dari dulu memang yang terbaik. Diluar masalah koneksi sebulan terakhir fasilitas yang ada di warnet saya pun masih di atas pesaing terdekat saya. Sambil menunggu Speedy yang naik-turun ini lebih baik saya kembangkan hotspot daripada harus balikin harga lagi ke range yang menurut saya sudah tak wajar lagi.

      Gak ada yang salah pendapatnya mas bro. Saya malah terima kasih udah bagi pendapat. Memang itu yang saya harapkan dengan blog ini. Terima kasih.

      Delete
    2. kalo dideket warnet mas ada jaringan fastnet bisa dicoba mas karena skr ada paket baru khusus warnet. sy ga promosi lho mas karena sy juga baru pake ni fastnet buat warnet. tadinya sy pake koneksi wireless tapi sering masalah ya udah sy ganti aja pake fastnet,baru beberapa hari pake koneksi ini ping stabil dan lancar .ini warnetnya di daerah mana ya mas?

      Delete
    3. Sayangnya lokasi saya hampir di ujung Indonesia, mas bro. Warnet saya ada di SUMUT. Sering dengar puasnya customer Fastnet. Andai Fastnet ada disini =|

      Koneksi disini terbatas mas bro. Koneksi wireless pun saya lihat review-nya cukup mengecewakan. Fastnet kena berapa biaya per bulannya mas bro?

      Delete
    4. sekitar 700an ribu selama 1 thn(promo) normalmya 999rb dapet 6mb download 2mb upload. tapi sy lihat mas cocok deh buat jadi pengarang soalnya enak baca blognya kata2nya gampang dicerna terus menarik mas\jadi wartawan? he..he..he..

      Delete
    5. Mwokwokwokwok.. Gak tau juga ya, mas bro. Tapi blog saya dari dulu gak pernah terurus walaupun udah dibuat pake bahasa yang mudah dicerna. Baru ini blog yang rajin saya update.

      Ajib sangat tu Fastnet dapet upload sampe 2MB. Itu perihnya daerah saya mas bro. Paling aneh dulu Speedy pernah nelpon dari Jakarta, katanya paket saya akan dinaikkan jadi 5Mbps. Beberapa bulan tak pernah naik, akhirnya saya coba tanya ke Plasa Telkom sini. Jawabnya apa coba? "Maaf, pak. Untuk kota kita saat ini paling tinggi masih 3Mbps. Orang pusat tidak tahu kondisi disini". *pengen bakar plasa*

      Kalo aja ada pilihan ISP yang kayak gitu disini..

      Delete
    6. pake tower bukannya bagus mas koneksinya? paling resikonya yg putus kalo byk petir. susah mas kalo ngandelin speedy yg sy tau sih byk dikomplen ama customernya di seluruh indonesia makanya sy pilih fastnet dibanding speedy he..he..he... speedy kan iklanya yg begini bunyinya " Speed that you can(NOT) trust. kwkwkwkwk

      Delete
    7. Mwakwakwak.. sebenarnya 2 tahun di awal ane puas sama koneksi Speedy, mas bro. Dulu koneksinya cling gak pernah ada masalah. Baru setahun terakhir banyak alasan mereka. Yang ada pemasangan fiber optiklah, yang kesenggol lah, yang pasti kalo begini terus pasti harus ganti ISP yang lebih kredibel.

      Sementara pilihan ane disini cuma Nusanet. Cuma masih ngubek-ngubek review dari yang udah make. Daripada beli karung dalam kucing lagi ya kan..

      Delete
  2. Inti permasalahan ada di kemampuan pelanggan2 Anda. Sehebat apapun fasilitas yang ditawarkan, jika pelanggan Anda tidak mampu, mereka akan memilih warnet yang lebih murah.

    Menurut pendapat saya, jika Anda bersikeras melawan arus dengan tarif 4000, Anda akan tenggelam.

    Jika Anda memutuskan untuk tenggelam saja, maka lebih baik segera cari alternatif usaha lain dan putuskan kapan warnet Anda ditutup. Sementara itu menurut saya lebih baik tarifnya kembali diturunkan agar pendapatan/tabungan Anda sebelum warnet ditutup menjadi lebih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak memutuskan untuk tenggelam juga sih, mas bro. Tujuan utamanya memperbaiki pendapatan. Di tengah hiruk-pikuk suasana bisnis warnet yang semakin memble ini, saya rasa sudah cukup untuk perang-perangan harga.
      Menurunkan lagi tarif, pelanggan ramai lagi, pun saya sudah rasakan kondisinya akan begitu-begitu saja. Biaya perawatan semakin besar. Listrik naik 15%. Tak akan membantu banyak tabungan.
      Sejak awal juga saya sudah teguh untuk main di harga 4000. Sudah siap untuk memperbaiki pendapatan, juga sudah siap untuk "bunuh diri". Intinya ada di "cari makan" juga sih =)

      Delete
    2. kemampuan pelanggan tidak berarti. daerah saya rata2 anak orang berada, tetep aja carinya yang 2500/jam. saya yang 3rb/jam ngos ngosan pengen dapat 50rb juga.

      Delete
    3. Angka 2 di depan itu memang sangat menarik di mata pelanggan Warnet. Dan ternyata seperti di area operasi mas bro Hira, pelanggan yang nyatanya mampu pun tetap memilih kepala 2. Saya selalu heran sama warnet bertarif kepala 2, mau dibilang cari makan mustahil, mau dibilang olahraga kerjaan duduk aja =) (kalo ga ikut maintenance).

      Delete
  3. hhahahahaa, sama mas bro, warnetku juga bakal ambruk karena speedynya kayak penipu.uploadnya down drastis,akibatnya rto trusss. sekrang warnetku mulai ditinggalin para user.komplain ke 147/plaza telkom njuga ngak bermanfaat. ampun, mau kemana nasib 20 pc clientku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane gak pernah ke 147, mas bro. Coba ke twitter mereka aja, kayaknya responnya lebih cepat (penyelesaiannya bertahun-tahun *lol*).

      Telkom Care Twitter: @telkomcare

      Saran ane bikin mereka ribet: mention terus kalo perlu tiap hari sampe teknisinya datang. Tampilkan skrinsut ping RTO biar rasanya semakin nikmat..

      Sekarang koneksi saya udah normal dengan waktu yang dibutuhkan: 37 hari sejak pelaporan pertama. Teknisi yang berbeda datang 2 kali =)

      Delete
  4. Sebenarnya tarif warnet 3000 memang sudah tidak manusiawi lagi. Akibatnya gaji karyawan warnet juga dibawah UMP. Dgn tarif 3000 perjam, saya hanya sanggup menggaji karyawan 900 rb untuk 11 komputer. Padahal UMP SUMUT sudah 1.500 an. Cuma tarif warnet yg gak naik naik sejak saya kenal internet tahun 2000. Sudah 14 tahun tarif warnet tidak naik naik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan. UMP aja udah 1,5jt. Yang ada akibat persaingan terlalu ketat tarif warnet malah jatuh di kepala 2 (bawah tiga ribu). Sulit.

      Delete
  5. Diturunkan saja lagi mas bro harganya ke Rp 3000 perjam, tapi warnetnya dilengkapi dengan game online macam PB, Crossfire, dll biar jadi game center sekalian :). Settingan mikrotik dan proxynya juga dimaksimalkan biar tidak lag, dan sebagai tambahan penghasilan bisa juga dengan membuat RT/RW net. Percuma harga mahal tapi pengunjung sepi, pendapatan jadi berkurang dibandingkan dengan harga lebih murah tapi pengunjung padat pendapatan jadi berkali lipat! percaya mas bro. Di warnet saya harganya masih Rp.3000/jam, total pendapatan perbulan masih di kisaran 9 jt dari warnet dan RT/RW net, itu diluar cash, jual pulsa hp, minuman dingin, pengetikan dan printout, dan service komputer. Fasilitas seperti AC di tempat saya malah tidak ada, mungkin itu juga sebabnya pengunjung jadi rajin beli minuman dingin :) hehehe.. Itu saja mas bro, jadi saran saya harganya kembali diturunkan, dan diusahakan membuat usaha lain yg masih berkaitan serta jangan lupa berdoa! :)

    ReplyDelete
  6. nasib yang sama menimpa saya juga, begitu saya menaikkan tarif warnet langsung deh pelanggan pada hilang, yang tinggal masih pelanggan setia yang dapat dihitung jumlahnya, jadinya tiap hari serasa ngabsensi satu-satu deh. siapa yang datang hari ini? he...he...he... penghasilan berkurang hampir 50 persen

    ReplyDelete
  7. saya yang baru naikan harga 3000 aja udah banyak yang komplain, setelah naik harga dikit pelanggan langsung berkurang drastis , yang tinggal juga cuma pelanggan tetap yang setia, jadinya sekarang serasa ngabsen pengunjung satu-satu siapa yang bakal nongol hari ini? ha...ha...ha... setelah harga 3000/jam 50 persen penghasilan berkurang..mungkin kalau semua warga net mau kompak dengan tarif yang sama dalam satu daerah asik kali ya. jadinya adilkan, pemain bisa milih mau kemana....

    ReplyDelete