January 21, 2014

Cara Install Software Wajib Sekaligus Secara Otomatis

Teringat jaman dulu kala waktu belum buka warnet. Hobi saya di komputer, yang juga hobi komputer pasti bisa bayangkan betapa asyiknya proses instalasi. Mulai dari instalasi sistem operasi sampe ke program-program yang diperlukan. Seiring waktu, buka warnet, dikalikan jumlah komputer, ini sudah bukan lagi sekedar hobi. Ini untuk cari makan, butuh efisiensi waktu agar komputer-komputer yang ada di warnet tetap bisa dipakai oleh pelanggan.

Biasanya warnet-warnet lebih memilih sistem ghosting hard drive. Satu hard drive dibuat jadi master untuk seluruh komputer. Sewaktu-waktu salah satu komputer bermasalah entahpun itu masalah sistem operasi, atau virus yang sudah tak tertangani, tinggal di-ghost dari hard drive master yang biasanya tak akan sampai satu jam saja. Jadi instalasi software otomatis ini tidak cocok untuk saat-saat genting.

Ingat baik-baik nama ini: NINITE. Ini adalah sebuah situs beralamat di ninite.com. Di situs ini disediakan berbagai software umum yang menurut saya memang wajib ada di setiap komputer baik itu komputer rumahan maupun komputer di kantor. Kategori yang tersedia antara lain: web browsers, security, messaging, media, runtimes, dan beberapa kategori lainnya. Emang kenapa kalo ga ada yang namanya software wajib ini? Yah jelas, setelah selesai instalasi sistem operasi, sebuah komputer masih bisa dibilang kosong. Kamu mau ngetik dimana? Mau browsing pake Internet Explorer bawaan Windows? Mau buka file pdf pake apa?

Seperti pada gambar, tinggal dicentang-centang aja software yang kamu inginkan. Browser ya cukup satu toh? Security alias antivirus ya juga cukup satu. Kalau dipasangi dua malah bentrok. Messaging ya tergantung pilihan masing-masing. Dan tergantung selera kamu, silahkan pilih lalu klik Get Installer. Kamu akan mendapatkan sebuah file exe yang harus dijalankan. Setelah di-run, prosespun dimulai. Ninite akan mengerjakan proses download terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan instalasi per program. Jika ternyata di komputer kamu sudah ada program yang sama, maka ninite akan mencek apakah milik mereka lebih tinggi versinya? Jika ternyata lebih tinggi instalasi akan dilanjutkan, dan jika sama maka akan di-skip alias dilewatkan. 

Tapi kamu juga harus ingat satu hal: yang namanya software itu tidak bisa dibilang berukuran kecil. Bahkan Mozilla Firefox memiliki file instalasi berukuran sekitar ~20-an MB. Semakin banyak software yang kamu pilih tentu akan memakan ukuran yang sangat besar. Pengaruhnya di bandwidth ISP yang kamu gunakan. Proses ini tidak disarankan bagi pengguna modem gsm yang biasanya memiliki kuota bandwidth. Ini biasanya saya gunakan pada pelanggan yang membutuhkan jasa instalasi laptop di warnet. Masak iya untuk pelanggan dipake sistem ghost? Terlalu ente..

No comments:

Post a Comment