November 27, 2013

Ganti Fan Kartu Grafik (Fan VGA)

Masih hangat nih, baru aja selesai ngerjain. Sebenarnya udah beberapa unit kartu grafik yang di warnet tak ganti kipasnya. Kenapa? Karena e karena fan bawaan kartu grafik (Digital Alliance HD5570) udah pada mati!

Lalu kenapa kalo fannya mati? Temperatur yang kelewat tinggi (tadi sampe 81°C. Tak lama kemudian dijamin akan terjadi layar hitam, atau mungkin blue screen, atau mungkin restart tanpa diduga.

Sebagai warnet, mungkin yang udah jalan akan tau seberapa berat untuk mengganti kartu grafik "kelas warnet gaming". Yaitu berkisar antara Rp. 500.000 untuk HD5570 sampai Rp. 1.000.000 untuk HD7750. Di atas itu sebaiknya ga usah dipasang di warnet. Karena terlalu mahal untuk tarif rata-rata warnet saat ini. Kapan-kapan kita bicarakan masalah keuangan warnet.

Untuk ukuran fan pengganti sebenarnya tergantung ukuran heatsink terpasang di kartu grafik. Tapi kelas low-middle end biasanya sudah cukup fan 80mm. Terserah mau yang LED atau yang hitam biasa lebih murah (Rp. 7500).

1. Fan yang udah mati dibuka dulu pake obeng kecil. Takut mengganggu fan yang akan dipasang.
2. Lalu siapkan pengikat yang mudah didapat disekitarmu. Kalo saya sih pakenya cable-ties. Lebih mudah tinggal tarik-potong
3. Cari jalur kosong cable-ties di bawah heatsink. Kalo nyangkut kena ke chipset juga gak lucu. Karena memang gak bisa masuk
4. Gunakan imajinasi anda untuk ngepasin cable-ties. Jangan sampe fan terlalu dekat sama slot pci-express 16. Nanti malah gak bisa masuk kartu grafiknya
5. Rapikan cable-ties. Potong kelebihan kabel biar gak mengganggu ke fan-fan casing.
6. Siap beraksi.

Dengan fan kartu grafik custom ini, temperatur yang didapat dari tes furmark ada di angka 70°C. Turun 10% dari fan mati. Kalo hasil yang ente dapat masih terlalu panas, coba perbaikin lagi letak fannya. Jangan terbalik. Arah angin fan harus mengarah ke heatsink.

Kalo saya sendiri ga berhenti sampe situ. Saya berikan sedikit overclock untuk mengimbangi 2 unit komputer baru saya yang salah satunya menggunakan HD6570.

1 comment:

  1. posting lama yah.. tapi ane mo komen nih
    tuh kabel tie apa gak melelh karena heatsink panas??

    ReplyDelete