March 6, 2015

Keyboard Paling Bandel, Tahan Lama, Untuk Warnet

Logitech Classic Keyboard K120

Yo! Lagi rajin ngepost, kali ini saya mau ceritain keyboard Warnet. Antarmuka utama pengguna komputer yang cukup penting. Kalau tidak ada keyboard, gimana mau main ya kan?

Logitech Classic Keyboard K120

Harga: Rp. 108.000,-

Keyboard ini sangat-sangat-amat-sangat bandel, tahan lama. 4 tahun yang lalu saat membuka Warnet, keyboard inilah yang menjadi pilihan saya. Kebetulan ada versi bundel dengan mouse Logitech M100 (atau B100 saya lupa, tapi bentuknya sama) dengan harga beli saat itu Rp. 172.000,-. Yang pasti saat ini di salah satu toko komputer online harganya Rp. 108.000,- (hanya keyboard). Berhubung yang kita bahas keyboard, harga yang bundel cari sendiri aja dulu ye.

Seiring bertambah tuanya Warnet saya, percaya atau tidak, dari 10 unit pembelian awal saya 4 tahun yang lalu itu, hanya ada 1 keyboard ini yang rusak. Itupun saya temukan adanya bekas tumpahan minuman. Biasa, pelanggan yang baik selalu ingin merusak alat, hal yang lumrah. Untuk ketahanan huruf-huruf di tombol, silahkan lihat sendiri di fotoan atas. Seperti keyboard game pada umumnya, yang akan pudar duluan huruf W,A,S,D. Yang paling parah huruf D sih. Mungkin karena kepanjangannya: DOR! DOR! DOR! Pemain Lost Saga pasti nekan tombol D sambil ngeluarin taring, wajarlah hurufnya sudah pudar.

Selebihnya sampai sekarang ok-ok saja. Tidak pernah ada masalah dengan tombol macet. Satu kekurangannya ya sebenarnya keyboard ini kurang cocok untuk keperluan gaming. Tidak ada fitur anti-ghosting. Sebenarnya apa sih Anti-Ghosting? Gampangnya Ghosting itu ketidakmampuan komputer memproses input lebih dari satu tombol. Misalkan kita main game: lagi jalan, pengen lari, sambil loncat, sambil lempar bom! (tau dah di game apaan ni). Dengan banyaknya input: W+Shift+Spasi+E ternyata bom tidak terlempar seperti yang seharusnya. Saya sendiri sering main Lost Saga dan sering terjatuh akibat berjalan menyamping (panah kiri + panah bawah), lalu ingin loncat saja (A) ternyata keterusan jadi jatuh ke jurang. Inilah kekurangan utama keyboard ini.

Genius KB-110

Harga: Rp. 89.000,-

Genius KB-110
Kalau teman-teman menyimak cerita saya diatas, maka keyboard inilah yang jadi pengganti Logitech K120 yang rusak. Jadi saya cuma punya satu unit Genius KB-110 di Warnet saya.

Keyboard ini terlalu lembek. Tombolnya tidak enak ditekan. Tapi daya tahannya cukup mumpuni (sekitar 2 tahun penggunaan) dan hurufnya pun masih cukup jelas terlihat. Kekurangan lainnya belum juga disertai fitur Anti-Ghosting. Komputer yang terpasang keyboard ini cukup dihindari di Warnet saya.

i-Rocks KR-6220GW

Harga: Rp. 107.000,-

i-Rocks KR-6220GW
Nah ini dia yang paling ingin saya bicarakan. Saat penambahan beberapa unit komputer terakhir, saya sangat tertarik mencoba keyboard yang satu ini. Dengan jargon: paling laris di Korea. Wow! Korea, tempatnya Warnet dengan desain gila-gilaan itu!

i-Rocks KR-6220GW dilengkapi dengan fitur Anti-Ghosting, interface PS/2. Ada juga yang versi USB dengan harga lebih mahal Rp. 18.000,-. Dan ternyata keyboard ini sangat memuaskan. Komputer yang terpasang keyboard i-rocks inilah yang menjadi rebutan di Warnet saya. Terutama gamer yang main FIFA Online 3 dan Lost Saga. Saya sendiri sudah mencobanya dan memang fitur Anti-Ghosting bekerja dengan baik. Tanpa software tambahan, tinggal colok, pakai. Keyboard ini sangat saya rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin membuka Warnet genre game.

Untuk daya tahan berhubung karena belum ada 2 tahunan, mungkin saya belum bisa memastikan apakah bisa menyaingi Logitech K120. Tapi sejauh ini kondisi keyboard ini masih baik-baik saja. Tidak ada masalah. Huruf masih terlihat dengan jelas walaupun banyak penggunanya.

Kalau boleh saya urutkan rekomendasi dari ketiga itu:
  1. i-rocks KR-6220GW (sangat direkomendasikan)
  2. Logitech Classic K120 (boleh jajal)
  3. Genius KB-110 (sebaiknya jangan yang ini)

4 comments:

  1. pantesan ane main di warnet bgitu kondisinya -_-
    thanks postingannya mas :)

    jadi ane bisa kasih saran ke pemilik warnet soal problem K120 hehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tu, gan. Kalo agan main di warnet langganan bilang aja cobain i-Rocks. Harga gak terlalu jauh kok (yang biasanya jadi pertimbangan pemilik warnet) tapi udah disertai anti-ghosting dan cukup memuaskan.
      Kalo ganti sekaligus emang sulit, tapi kalo ada yang rusak bolehlah ganti i-rocks.

      Nah, yang jadi masalah adalah.. K120 ini bandelnya minta ampun, kemungkinan rusaknya kecil =))

      Delete
  2. warnet ane jg pake logitech K120..sampe sekarang masih awet, cm rusak dipake client untuk taruh putung rokok...padahal dah dikasih asbak satu dimeja billing client...salam kenal ya gan, ane dr papua

    ReplyDelete
  3. saya pake yg genius.. aman2 aja udah 3 tahun.. utuh. net saya 24 jam full gamer..lg.

    ReplyDelete