April 1, 2014

CS Telkom Speedy Yang Menggemaskan

Ala bisa karena biasa toh? Sudah tiga tahun bergelut dengan warnet, modem, SNR, data-rate, rasanya kita akan semakin mengerti dan cepat tanggap untuk melihat ada sesuatu yang salah pada koneksi kita.

Sabtu lalu saya coba hubungi customer support Telkom Speedy via Twitter. Jangan salah, respon cukup cepat dibanding saya harus keluar dari warnet, masuk ke dalam rumah tumpangan warnet saya, menghubungi 147 yang kadang lebih sering tak tersambung.

Koneksi Speedy buruk ini sudah sering saya alami dan rasanya saya sudah mengerti akar masalahnya ada dimana. Saya sebutkan bahwa koneksi sering dc di sore ke malam hari, SNR margin yang ngedrop cukup besar (minus 10dB dari biasanya). Ternyata cs Telkom Speedy masih ngeyel dengan mengatakan: "Menurut data kami jaringan bapak normal dan tidak ada masalah". Ampun dah, betapa emosi tingkat tinggi saat itu. Dengan berapi-api saya sertakan skrinsut modem dan ping yang naik turun tak jelas. Baru akhirya dibuatkan laporan dengan janji 3x24jam akan terselesaikan.

Yang bikin kesal itu kenapa masalah yang sama bisa terulang lagi? Bahkan baru Januari 2014 (2 bulan yang lalu) ini sudah kejadian lagi. Kalau saat itu teknisi mengatakan sepertinya kabel line milik nomor tumpangan Speedy saya "kesenggol" saat ada penerapan serat optik, saya sangat yakin ini masalah yang sama. Ciri-cirinya sama persis: dc tak menentu, SNR upstream sangat jeblok, saat normal ping bagus.

Yang bikin ngakak satu lagi kadang tak ada konfirmasi dari pihak Telkom bahwa masalah sudah ditangani. Kadang saya bertanya-tanya, sudahkah? Belumkah? Masihkah? Ini status modem nampaknya sudah normal kembali tapi saya masih harus mengecek untuk beberapa hari ke depan apakaj benar sudah normal. Karena tak ada komunikasi dari Telkom Speedy yang menanyakan apakah sudah normal?

Warnet oh warnet.. begitu banyak problemamu..

2 comments:

  1. tulisannya mantap gan.. ternyata banyak juga unek2 dari pelanggan,.. mf sebelummnya saya juga blogger yang membahas tentang speedy, namun di tutorial setingnya.. tulisan akang membuat saya lebih memahami sisi pandang dari pelanggan yang merasakan muaknya kalo jaringan speedy ganguan, ditambh pelayanan ganguan yang tak kunjung datang.. semoga ganguan speedy akang cepat di tangani.. jangan lupa kunbal gan di www.speedydermayu.web.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah muaknya malah gak pernah habis ni, gan. Tetap muak sampe 2015. Mwakakakakak.
      Itu di rumah ane baru pasang UseeTV kan, eh, malah makin sering putus. Udah komplen ke Twitter juga, ternyata tiba-tiba udah bisa tanpa ada diapa-apain. Cuma dijawab: JADI SPEEDYNYA UDAH BISA YA MAS. TERIMA KASIH.

      Padahal udah bilang dengan jelas: ini kejadian udah berulang-ulang. Harusnya dibikinin report dong.

      Delete