April 17, 2014

Piala Dunia Udah Dekat. Udah Siapkan Bandwidth Yang Cukup?

Hubungannya apa? *ngakak* Mungkin bagi anda-anda yang berada di jangkauan pemancar siaran televisi lokal tak ada masalah. Tapi bagi kita yang ada di tempat yang tak dapat siaran televisi kecuali menggunakan parabola digital tentu jadi masalah. Masalah yang cukup besar untuk penggila bola.

Rali dali ler (lari dari rel) sedikit untuk postingan ini, tapi setidaknya masih berhubungan dengan Internet dan kegunaanya. Saya mau share satu situs live-streaming yang biasa saya andalkan saat lagi pengen nonton bola. Liga Champion? no problemo. MotoGP? no problemo. Piala Dunia 2014? itu yang saya tunggu-tunggu.

LIVETV.RU

Live Streming Olahraga
Beralamat di http://livetv.sx/en/ , situs ini cukup bisa diandalkan untuk saat-saat genting (ha?). Seperti tadi pagi tepatnya pukul 02:30 WIB berlangsung Copa Del Rey antara Barcelona v Real Madrid (1-2). Pada hari tertentu saat ada pertandingan Big Match biasanya akan masuk pada kolom Match of the Day di halaman awal situs ini. Tapi untuk melihat pertandingan yang sedang berjalan siaran live-nya cukup perhatikan logo LIVE. Saat diklik akan muncul daftar link streaming seperti:
Daftar Link Live Streaming
 Rasanya untuk berikutnya tak perlu dijelaskan lagi. Tinggal klik tombol play pada link yang anda inginkan. Terkadang ada saja link yang tak bekerja karena ditutup untuk alasan hak siar. Tapi untuk window pop up berikutnya akan muncul tampilan seperti:
Tampilan Web Player di Window Pop-up
Yang perlu dicatat mungkin sebaiknya install dulu add-on sejenis ad-blocker. Karena pernah kejadian saat saya nonton bersama ayah saya, tiba-tiba iklan yang muncul gambar nude-nude gitu. Gambar cewe cuma pakai bikini. Bayangkan betapa suasana saat itu menjadi hening karena juga masih menunggu waktu sekian detik baru bisa menutup iklannya.

Selain itu selalu lengkapi browser dengan plugin: Adobe Flash Player, Java Plugin. Beberapa link streaming di LIVETV ini juga menggunakan AceStream dan player external Sopcast yang semuanya gratis-tis-tis. Kita udah bayar mahal untuk ISP, jadi sisanya kita gunakan secara gratis-tis-tis.

Berapa Bandwidth Yang Dibutuhkan?

Setelah beberapa kali saya mencoba streaming, rasanya yang dibutuhkan untuk menonton LiveTV secara lancar adalah minimal koneksi 2Mbps. Beberapa link yang versi Sopcast bahkan menyertakan koneksi yang dibutuhkan hingga 2700kbps. Kualitas HD gambarnya aduhai. Kebetulan di rumah saya pakai Speedy 2Mbps saat saya coba yang 2700kbps masih terjadi adegan patah-patah. Giring bola di belakang, tiba-tiba gooooool entah kapan terjadi.

Pilihan Lain

Pilihan lain saat LIVETV tak bisa bekerja dengan baik adalah USAGOALS yang beralamat di http://www.usagoals.tv/football.html. Hanya saja sepertinya link-link di usagoals ini sedikit terlambat. Juga banyaknya link (juga banyak yang tak bekerja) cukup menyulitkan untuk saat-saat genting. Pilihan lain? Ya silahkan berlangganan TV Berbayar =)

No comments:

Post a Comment