April 23, 2014

Update Problem Speedy: Akhirnya Datang Juga Petugas Telkom

http://telkomspeedy.com/sites/default/files/Logo-Speedy-True-Broadband2_1.pngSetelah nyaris ber-ulang-bulan, dari pelaporan tertanggal 29 Maret 2014, akhirnya hari ini tertanggal 22 April 2014 datang juga yang ditunggu-tunggu. Melihat mobil Speedy lewat dari depan Warnet, tapi kok kelewatan? Loh? Loh? Ternyata memang mau mampir di Warnet saya juga.

Setelah 24 hari lamanya saya dan pelanggan warnet saya bertanya-tanya akan jeleknya koneksi Telkom Speedy, akhirnya masalah pun mulai diurut. Sedikit kesal saat petugas Telkom Speedy yang berinisian M tersebut berkata: "Ini bisa? Ini ada yang main?" setelah melihat ada 4 pelanggan saya yang sedang bermain. Sudah sangat jelas di laporan saya bahwa yang jadi masalah bukan bisa atau tidak bisa, tapi koneksi tak stabil yang tiada tara. DC tanpa alasan, DC saat nomor tumpangan dihubungi via telepon.

Ya sudahlah saya kasih waktu untuk troubleshooting. Bahkan pelanggan yang berdatangan saya suruh untuk datang lagi sore aja, karena lagi ada perbaikan. Lalu kemudian.. "loh? ada dua ya? (speedynya)" setelah melihat modem ADSL D-Link dan Access Point Linksys di atas. Hah.. payah nih orang, pikir saya.

Setelah beberapa komentar aneh lainnya (banyak sebenarnya) akhirnya kesimpulan beliau adalah mempersalahkan banyaknya belokan kabel dari tiang telkom menuju spliter. Lalu kenapa 2 tahun awal sejak buka tak pernah ada masalah seperti ini?

Jalur kabel pun kemudian diperpendek dengan pernyataan tak modal berikut:
- ada tangga?
- ada cutter?
- ada klem kabel?
Gak modal amat sih? Benar-benar mengesalkan. 

Dan akhirnya saat yang ditunggu-tunggu, pengecekan koneksi:
- SNR upstream masih mengecewakan walau bisa stabil di 20dB. Saya sangat mengharap bisa seperti dulu di 24-25 dB.
- saat dilakukan panggilan ke nomer tumpangan ternyata tak terjadi DC. Lumayan.

Tapi hasil akhir yang sebenarnya baru saya dapatkan tadi pagi saat mau buka Warnet. Saat saya coba hubungi telepon rumah, loh? Kok gak bunyi? Dan ternyata SNR pun ada di angka yang saya benci 18dB. Tanda-tanda koneksi belum stabil. Dan ternyata benar akhirnya status modem kembali blank semua saat ditelepon. 

Sudah cukup saya pikir. Dengan ini saya nyatakan pelayanan Telkom Speedy sangat tidak memuaskan. Kerapian petugas sangat buruk. Peralatan tidak lengkap. Dan, maaf, pengetahuan sepertinya masih dibawah saya. Masak orang jaringan gak bisa bedain modem vs access point? Parah.

No comments:

Post a Comment