December 16, 2013

Pentingnya Menyediakan Game OFFLINE di Warnet

Di era serba online, dan tujuan Warnet sejak awalnya, Internet, perlukah kita sediakan game berjenis OFFLINE di warnet? Game offline adalah game yang tidak membutuhkan koneksi Internet dalam permainannya. Yang artinya hanya satu orang pemain, atau mungkin beberapa untuk game tertentu seperti misalnya game racing ataupun sepakbola. Perlukah?

Jawabnya adalah.. PERLU. Game berjenis ini akan dibutuhkan untuk saat-saat tertentu diluar dugaan kita. Misalkan pada saat koneksi Internet sedang down. Atau mungkin beberapa game favorit user sedang tidak bisa dimainkan, misalkan pada saat maintenance. Karena tidak membutuhkan koneksi Internet tentunya bisa menghemat bandwidth Internet warnet kita.

Namun dibalik itu semua, kita juga harus jeli akan menyediakan game apa dari sekian banyak judul game offline. Tidak semua game offline ada user yang mau mainkan. Saya sendiri di Warnet mewajibkan adanya Need for Speed: Most Wanted versi jadul. Game ini cukup banyak yang memainkan bahkan disaat koneksi Internet sedang normal. Karena banyaknya peminat game yang satu ini, saya juga coba sediakan versi 2012 nya: Need for Speed: Most Wanted (2012) yang merupakan versi reboot dengan grafik yang jauh lebih menarik.

Saat saya menulis ini, saya juga sedang menginstall game Batman: Arkham Origins. Walaupun biasa game bergenre petualangan jarang dimainkan di warnet, tapi tidak ada salahnya mencoba bukan? Beberapa game yang saya tahu akan ada pemainnya antara lain: Pro Evolution Soccer 2013/2014, MotoGP 13. Mungkin anda bisa coba judul-judul game lain seperti FIFA 14.

Seingat saya juga pernah coba sediakan Colin McRae, tapi tidak ada yang memainkannya. Seperti biasa, trial-and-error. Kalau tidak ada yang memainkan ya tinggal dihapus bukan?

No comments:

Post a Comment