December 14, 2013

Harga Jual Sosro dan Tebs

Baru mesan minuman ringan sama langganan. Dapat kabar kalo harga Sosro dan Tebs per kratnya udah naik Rp.7500 per krat. Tapi untuk kali ini masih dikasih harga lama:
- Sosro Rp. 38.000 per krat
- Tebs Rp. 42.500 per krat

Saya sudah putuskan untuk stop penjualan Cocacola - Fanta - Sprite karena harga jualnya terlalu mahal. Di Rp . 4.000 jarang ada yang beli mengingat lokasi ini masi terbilang menengah ke bawah. Pun demikian untuk Sosro ini saya sudah harus menaikkan harga jual paling sedikit Rp. 500.

Setelah punya Wanf wattmeter ternyata sangat memudahkan hitungan modal minuman ini. Yang cukup berat adalah biaya listrik untuk kulkas yang jika saya bagikan dengan rata-rata penjualan minuman yang hanya sekitar 83 botol per bulannya ternyata untuk mendinginkan minuman per botol menghabiskan biaya Rp 621.

Akhirnya setelah melewati kalkulasi yang cukup lama, saya pasang pengumuman harga baru di kulkas showcase:
- Rp 3.500,- untuk keduanya. Saya akan perhatikan perkembangannya dulu selama 3 bulan ke depan. Kalau ternyata harga Rp. 3.500 inipun masih terlalu berat untuk warga sekita ini, dengan sangat menyesal saya akan ambil keputusan untuk tidak lagi menjual minuman ringan. Berat di modal, untung pas-pasan. (Cuma pas bayar biaya listrik kulkas)

No comments:

Post a Comment