February 6, 2014

Masalah Ukuran Kertas Yang Tak Seberapa

Ini termasuk kasus yang unik, setidaknya menurut saya. Setiap pelanggan meminta untuk ngeprint, dari komputer client maupun datang langsung ngeprint, tentu kita akan bertanya:
Di kertas apa?
Dan jawaban pada umumnya adalah
Di.... HVS.....
Saya menduga ini adalah LATAH yang terjadi di daerah saya. Saya rasa ini kebiasaan yang terjadi di tukang fotokopi di daerah saya. Berhubung karena saya pernah mendapatkan pelajaran tentang ini dari Bapak saya tentu saya sedikit tergelitik setiap mendengan permintaan di kertas HVS.

Dari apa yang Bapak saya pernah jelaskan, kertas HVS adalah semua kertas yang telah diekstrak unsur kayunya sehingga berwarna putih. Tau kertas ubi? Kertas yang berwarna cokelat itu bukanlah HVS. Kalau dari penjelasan Bapak saya ya kira-kira seperti itu. Jadi kertas Mirage A4 adalah HVS, kertas Sinar Dunia Folio adalah HVS, dan seluruh kertas merk ini itu, ukuran ini itu, yang berwarna putih bersih adalah kertas HVS. Yang jadi biang keladi adalah "ukurannya".

Yah.. salah saya juga mungkin ya. Mungkin pertanyaannya yang harus diubah:
Di kertas ukuran apa?
Tapi saya sejak dulu memang ingin mengedukasi pelanggan-pelanggan saya. Setiap permintaan kertas HVS biasanya akan saya jelaskan dulu kalo minta kertas jangan HVS. Belum lagi masalah ukuran kertas. Sering pelanggan masih mengetik di kertas ukuran Legal. Mungkin bawaan settingan di Microsoft Windows dan Office jadul yang masih settingan luar negeri. Tanpa edit, langsung ketik, di-save, jadilah format Legal yang sebenarnya sangat sulit ditemukan di pasaran. Kalau udah format Legal, akan saya minta untuk diedit kembali di ukuran Folio.

Sebagai saran juga untuk warnet-warnet lain, sebaiknya program office di komputer client langsung diset format kertas yang anda sediakan. Saya sendiri mengeset ukuran A4 sebagai default. Saya rasa kertas yang harusnya dipergunakan di seluruh dunia itu adalah ukuran A4. Itu saya aja.. gak tau deh yang lain.. =)

edit tambahan: 10 February 2014
Dan jangan lupa ini juga ada hubungannya dengan "kesehatan" printer. Bayangkan ini: anda punya sebuah file dokumen yang diset berukuran Legal (216 x 356 mm). Kertas yang tersedia hanya F4 (215 x 330 mm) dan A4 (210 x 297). Dan sehebat-hebatnya F4 pun masih kurang panjang 26 mm (hampir 3 cm). Jika dokumen penuh satu halaman full page, tanpa settingan skala, maka gambar/tulisan yang ada di paling bawah akan dianggap printer masih harus dicetak pada kertas. Sementara kertas F4 sudah keluar dan apa yang terjadi? Tinta pun berserakan ke atas roler kertas..... Mimpi buruk bagi printer..... Dan siap-siaplah hasil cetak berikutnya akan dihiasi oleh lumeran tinta lain yang samasekali tak ada di dokumen

No comments:

Post a Comment