February 25, 2014

Mati Lampu Bertubi-tubi

Dahsyat nih.. udah sejak minggu lalu selalu mati lampu terus di area Warnet saya. Kabarnya ada trafo yang meledak di Riau sehingga pasokan listrik berkurang. Hebatnya ini berita lama Sumatera: krisis listrik tiada henti. Tak jarang ada liputan di koran tentang betapa kerugian usaha yang sangat bergantung pada listrik.

Tak jauh beda sama yang namanya Warnet. Dua unsur penting Warnet: ISP dan Listrik. Salah satu dari kedua unsur tersebut tidak ada, maka Warnet tidak bisa berjalan. Genset? Lupakan! Pengeluaran BBM untuk Genset sudah lebih besar daripada pemasukan yang logis. Bahkan modal untuk seperti saya dengan daya PLN terpasang 4400VA maka saya membutuhkan Genset berkapasitas paling tidak setara untuk dapat meladeni seluruh perangkat saya. Dan merk Cina saja sudah pernah saya tanya berkisar antara Rp. 4.000.000 - 7.500.000. Jadi sekali lagi saya ingatkan soal Genset Warnet: Lupakan!

Sebagai bukti silahkan cek sendiri seberapa banyak Warnet yang tetap "hidup" saat terjadi pemadaman listrik oleh PLN kita yang tercinta. Bayar telat kena denda, listrik mati adakah keringanan?

No comments:

Post a Comment